Menkominfo Johnny G. Plate di acara  International Telecommunication Union Plenipotentiary Conference 2022 (ITU PP 2022).
Menkominfo Johnny G. Plate di acara International Telecommunication Union Plenipotentiary Conference 2022 (ITU PP 2022).

Visi Presiden Jokowi Soal Kikis Kesenjagan Digital Global di Konferensi ITU PP 2022

Cahyandaru Kuncorojati • 27 September 2022 10:40
Jakarta: Hadir di konferensi International Telecommunication Union Plenipotentiary Conference 2022 (ITU PP 2022), Menkominfo Johnny G.Plate membagikan visi Presiden Joko Widodo untuk mengikis kesenjangan digital global lewat upaya connecting unconnected people.
 
“Komitmen Indonesia untuk memperkecil kesenjangan digital di dunia termasuk di dalam negeri kita sendiri yang paling utama, melalui langkah kebijakan afirmatif dan konkret itulah yang dilakukan Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” katanya.
 
Menurut Menkominfo, saat ini masih terdapat 2,7 Miliar manusia yang belum terhubung dengan internet. Pemerintah Republik Indonesia mengambil bagian proaktif untuk memperkecil jurang keterhubungan dengan internet melalui penggelaran infrastruktur hulu seperti jaringan kabel serat optik, microwave link, penempatan satelit dan pembangunan BTS  yang lebih merata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Johnny menyatakan Konferensi ITU PP 2022 kali ini membahas beberapa isu, pertama Strategic Plan 2023-2027, kedua Financial Plan ITU 2022-27 dan ketiga policy statement yang akan disampaikan oleh beberapa menteri dari negara anggota ITU.
 
“Saya baru saja menghadiri pembukaan ITU Plenipotentiary Conference 2022, (negara-negara anggota ITU) tadi juga mendiskusikan pergantian Sekjen ITU. Kita sudah mendiskusikan dan menyiapkan siapa pengganti Pak Zao (Sekjen ITU Houlin Zhao) dengan kandidat yang baru,” tuturnya.
 
“Kita juga mengusulkan keanggotaan di ITU Council Member yang mana selama ini kita menjadi bagian dari ITU Council Member,” kata Menkominfo Johnny. Menurutnya pemerintah Indonesia akan terus menggalang dukungan dengan secara proaktif melakukan bilateral meeting dengan berbagai negara.
 
“Nanti akan ada pintu pertemuan-pertemuan bilateral, baik dengan negara-negara mitra sahabat maupun dengan lembaga multilateral,” ujarnya.
 
Di pembukaan ITU PP 2022, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif.
 
Target Indonesia mendapatkan kursi keanggoataan Radio Regulation Board (RRB) Region E Asia Australasia International Telecommunication Union (ITU) akan membuka peluang untuk menggelar lebih banyak slot orbit satelit di atas langit penjuru negeri.
 
Langkah tersebut ke depannya akan berkontribusi dalam pemerataan akses telekomunikasi di Indonesia. Saat ini kita sudah memiliki dua kontrak orbit satelit yaitu SATRIA 1 sebesar 150 Gbps dan Hot Standby Backup Satellite dengan kapasitas yang sama 150 Gbps.
 
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif