LINE Today memiliki waktu akese pengguna terlama dibandingkan dengan layanan sejenis.
LINE Today memiliki waktu akese pengguna terlama dibandingkan dengan layanan sejenis.

LINE Today Jadi Agregator Berita Terpopuler di Android

Teknologi teknologi line
Lufthi Anggraeni • 22 November 2019 07:25
Tokyo: LINE Today menjadi salah satu layanan yang turut memeriahkan gelaran LINE Developer Day 2019. Pada ajang tersebut, LINE mengklaim bahwa LINE Today telah menjadi platform agregator berita terfavorit di kalangan pengguna Indonesia.
 
“LINE Today sudah menjadi platform dengan lama waktu akses terlama, nomor satu jika dibandingkan dengan agregator berita lain di Indonesia,” ujar Product Manager LINE Indonesia Andi Firmanata.
 
Andi menjelaskan bahwa rata-rata lama waktu yang dihabiskan pengguna untuk menikmati konten di LINE Today hingga bulan Oktober 2019 lalu adalah selama 27 menit 13 detik. Sementara per November, pengunjung LINE Today menghabiskan waktu di layanan ini selama sekitar 30 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyoal algoritma, LINE menyebut bahwa LINE Today menggunakan Artificial Intelligence Recommendation System, berkemampuan untuk menyuguhkan rekomendasi berita sesuai dengan kriteria yang disukai oleh pengguna.
 
Rekomendasi yang disuguhkan sistem ini juga didasarkan pada kemiripan kategori berita yang sering dibaca pengguna dengan kriteria pengguna lain di sekitarnya. Android Engineer LINE Indonesia Aldo Kelvianto menjelaskan bahwa teknologi yang diusung LINE Today dalam versi situs dan aplikasi tidak berbeda.
 
Perbedaan yang diusung sistem di dua saluran ini terdapat pada antarmuka pengguna dan pengalaman penggunaan. Pada aplikasi LINE Today, LINE menerapkan gaya usap serupa aplikasi kencan online pada antarmuka penggunanya.
 
Hal ini, lanjut Aldo, akan menyuguhkan pengalaman penggunaan berbeda bagi pengakses LINE Today dalam versi aplikasi, jika dibandingkan dengan dalam versi situs. Sementara itu, LINE mengaku tidak menemukan tantangan berarti saat mengembangkan aplikasi LINE Today.
 
Namun saat mengembangkan aplikasi, LINE menyebut mempertimbangkan banyak hal, termasuk menyoal ukuran aplikasi. Aldo menjelaskan bahwa ukuran menjadi salah satu komponen sensitif dari aplikasi bagi pengguna di Indonesia.
 
Selain itu, kecepatan dan umpan balik baik saat pengguna mengklik berita juga menjadi hal yang dipertimbangkan LINE dalam pengembangan LINE Today. Dan fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan stabilitas jaringan internet yang belum mumpuni turut menjadi bahan pertimbangan pengembangan aplikasi LINE.
 
Hal ini juga berdampak pada konsumsi kuota internet, terutama bagi masyarakat Indonesia dengan tingkat mobilitas tinggi. Karenanya, LINE mencoba mengatasi hal ini salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Scope untuk mempercepat waktu pemuatan berita.
 
Selain itu, LINE juga menjelaskan bahwa sistem yang digunakannya memungkinkan perangkat pengguna tidak melakukan pengunduhan pada tiap bagian berita saat diakses, sehingga mengurangi konsumsi kuota internet.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif