Tampilan Google Glass.
Tampilan Google Glass.

Google Rilis Glass Baru, Targetkan Perusahaan

Teknologi google
Ellavie Ichlasa Amalia • 21 Mei 2019 12:24
Jakarta:Google Glass mungkin tidak terlalu menarik perhatian konsumen. Namun, tampaknya perangkat wearable itu akan memiliki pasar di kalangan enterprise.
 
Google mengumumkan versi terbaru dari smartglass augmented reality barunya, bernama Google Glass Enterprise Edition 2. Seperti namanya, kacamata cerdas ini didesain khusus untuk perusahaan, menurut laporan CNN.
 
Kacamata yang dihargai USD999 (Rp14,5 juta) ini terlihat seperti kacamata biasa dengan kamera dan kaca pembesar pada salah satu lensanya. Jika dibandingkan dengan headset AR pesaing, seperti HoloLens dari Microsoft, Google Glass baru ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Harganya juga lebih terjangkau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Versi terbaru dari Google Glass dilengkapi dengan proyektor mini yang akan memproyeksikan gambar ke depan mata pengguna, menciptakan visual yang seoalh tampil melayang di tempat kacamata diarahkan.
 
Kacamata cerdas tersebut memiliki kamera yang lebih baik, port USB-C untuk fast charge, dan baterai yang bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan pendahulunya.
 
Google Glass pertama kali diperkenalkan pada 2013. Ia ditujukan untuk masyarakat umum. Namun, Google berhenti memproduksinya pada 2015 setelah versi beta dari kacamata itu gagal menarik perhatian konsumen karena harga yang mahal, desain yang kikuk, dan kekhawatiran tentang privasi.
 
Pada akhirnya, Google memutuskan untuk fokus membuat kacamata cerdas untuk pelaku bisnis. Edisi Enterprise pertama telah digunakan di berbagai industri, mulai dari manufaktur, sdampai logistik.
 
Kacamata itu menampilkan informasi pada pengguna sehingga pengguna bebas menggunakan tangannya. Misalnya, daftar barang dan instruksi. Pengguna juga bisa mengirimkan video atau foto dari kacamata itu.
 
Memang, Glass memiliki harga yang lebih murah dari Microsoft HoloLens 2, yang dibanderol USD3.500 (Rp50,7 juta). Namun, kemampuan Glass juga tidak secanggih headset HoloLens, yang dapat menampilkan gambar virtual ke kedua mata pengguna.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif