Steve Wozniak anjurkan masyarakat untuk menghapus akun Facebook karena tidak ada privasi.
Steve Wozniak anjurkan masyarakat untuk menghapus akun Facebook karena tidak ada privasi.

Co-Founder Apple Ingin Masyarakat Berhenti Gunakan Facebook

Teknologi facebook
Lufthi Anggraeni • 09 Juli 2019 09:29
Jakarta: Co-Founder Apple Steve Wozniak kini ikut mengkritik Facebook, menyebut bahwa masyarakat harus menghapus akun mereka dan berhenti menggunakan platform media sosial terbesar dunia itu.
 
Pria yang akrab disapa Woz ini menghapus akun Facebook miliknya pada tahun 2018 lalu setelah Cambridge Analytica, perusahaan data politik, menghimpun informasi personal dari profil 87 juta pengguna Facebook.
 
Pada saat yang sama, Woz juga menyebut Facebook memberikan lebih banyak dampak negatif dibandingkan dengan dampak positif. Ini menjadi alasan lain yang menguatkan hati teman Steve Jobs ini untuk menghapus akun Facebook miliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Digital Trends melaporkan bahwa kekhawatiran Wozniak terkait dengan privasi tidak hanya menyoal Facebook, tapi juga pada panggilan telepon. Pada bulan Juni, CEO Instagram yang kini dinaungi Facebook menyebut bahwa aplikasinya tidak mendengarkan percakapan pengguna via mikrofon pada ponsel.
 
Namun, rekam jejak Facebook tentang privasi pengguna sangat buruk. Pada bulan Mei lalu, pengacara Facebook mengatakan kepada hakim dalam peradilan terkait skandal Cambridge Analytica bahwa pengguna tak memiliki privasi pada Facebook atau jejaring sosial lainnya.
 
Di saat bersamaan, CEO Facebook Mark Zuckerberg berulang kali menegaskan bahwa salah satu prioritasnya selama beberapa tahun mendatang adalah membangun platform sosial yang terfokus pada privasi.
 
Berkenaan dengan Apple, Woznik menyebut bahwa masyarakat seharusnya membayar lebih banyak untuk mendapatkan perlindungan lebih baik menyoal privasi. Apple mengusung fitur dan pesan yang melindungi privasi pengguna. Namun, ini menyebabkan harga produk Apple menjadi lebih mahal sebagai kompensasi karena Apple kehilangan peluang pendapatan.
 
Sebelumnya, Apple menawarkan proses masuk ke versi web dari iCloud yang berbeda bagi pengguna iOS 13, iPadOS 13, dan penguji versi beta dari macOS Catalina. Jika Anda mengunjungi beta.icloud.com menggunakan perangkat yang menggunakan OS versi beta, Anda bisa masuk ke akun Anda menggunakan Face ID atau Touch ID.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif