Menyadari hal ini, sejak tahun 2019 lalu, Snapchat meningkatkan upayanya untuk kembali meraih hati masyarakat Indonesia. Upaya ini salah satunya dihadirkan dengan turut memboyong Snap Games ke pasar Indonesia.
Sebagai informasi, Snap Games telah diluncurkan Snapchat di negara asalnya yaitu Amerika Serikat sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Kehadiran Snap Games disebut Snapchat selaras dengan misinya untuk menghubungkan pengguna dengan teman terdekat, namun tidak sekadar hanya berbincang tapi juga berbagi pengalaman.
“Oleh karena itu, kami menginginkan sebuah ruang dalam Snapchat yang memberikan komunitas kami cara untuk memperdalam pertemanan mereka, tidak hanya dengan mengekspresikan diri mereka atau melalui percakapan dengan teman di Snapchat, tapi juga melalui pengalaman baru yang mereka lakukan bersama," ujar Head of Snap Games Studio Phil Larsen.
Bermain game juga disebut Snapchat sebagai bahasa universal, selaras dengan misi perusahaannya untuk memberdayakan komunitas dalam menjalankan hidup dan bersenang-senang bersama.
Selain itu, Snapchat memposisikan diri sebagai destinasi untuk komunitas gaming kami, termasuk mitra, kreator, dan pengguna untuk bermain, menyaksikan, dan menemukan berbagai macam konten game.
Larsen juga menyebut bahwa Snap Games memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan kelebihan milik Snap via teknologi Augmented Reality (AR), avatar (Bitmoji), dan keahlian dalam game guna menjangkau audiens.
Menyoal monetisasi, Larsen menyebut bahwa Snap Games memberikan telah kesempatan monetisasi sejak diluncurkan, untuk mitra pengembang game dan pihak Snap. Snap Inc. juga merilis tambahan iklan berdurasi 6 detik dengan format tidak dapat dilewati, namun dihadirkan dengan cara tanpa menurunkan pengalaman.
Saat pertama kali diluncurkan, Snap Games mengunggulkan Bitmoji Party, IP pihak pertama untuk layanannya yang menampilkan pemain dan teman mereka sebagai Bitmoji 3D. Dan pemain dapat berkompetisi pada empat game mini berfase cepat yaitu Pool Party, Kick Off, Spin Session dan Zombie Escape.
Saat ini, Snap Games telah didukung oleh game di Snapchat, salah satunya adalah IP pihak pertama terbaru, yaitu Bitmoji Tennis, serta game dari mitra pengembang, seperti Ready Chef Go! dari Mojiworks dan Tiny Royale dari Zynga.
Serupa dengan jejaring sosialnya, Snap Games juga mengunggulkan kemampuannya dalam teknologi AR pada game yang dihadirkan di platform ini. Dengan demikian, Snap Inc. mengklaim game yang disuguhkan Snap Games berbeda dengan game pada platform lainnya.
Snap Games juga diklaim mengutamakan pembangunan pertemanan sebagai inti pengalaman bermain di platform miliknya, baik saat bermain dengan salah satu game real-time multi pemain seperti Bitmoji Party, maupun Leaderboard Game terbaru seperti Find My Bitmoji.
Pertemanan juga menjadi inti dari Snap Games dihadirkan Snap Inc. via fitur Chat yang dapat diakses pengguna. Fitur ini juga tersedia dengan dukungan pesan suara dan teks, diklaim dapat memeriahkan percakapan saat bermain Snap Games dengan teman.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News