Demi Hindari Cukai, Trump Dorong Apple Bangun Pabrik di AS

Ellavie Ichlasa Amalia 10 September 2018 11:19 WIB
apple
Demi Hindari Cukai, Trump Dorong Apple Bangun Pabrik di AS
Apple diminta untuk membangun pabrik di AS. (Photo by Josh Edelson / AFP)
Jakarta: Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyarankan Apple memindahkan pabrik manufaktur mereka ke Amerika Serikat. Dengan begitu, mereka tidak perlu membayar bea cukai yang AS tetapkan pada Tiongkok dalam perang dagang.

Trump memberikan saran ini setelah Apple mengumumkan bahwa mereka mungkin harus menaikkan harga produk mereka karena adanya bea cukai yang ditetapkan pada produk buatan Tiongkok. 

Pemerintahan Trump mulai memberikan bea cukai pada produk dari Tiongkok pada bulan Maret lalu. Sejauh ini, produk elektronik konsumen tidak dikenakan bea cukai. Hal ini mungkin akan berubah mengingat pemerintah AS juga akan megnenakan bea cukai pada perusahaan teknologi seperti Apple dan Fitbit, lapor The Verge


Minggu lalu, Apple menyebutkan bahwa bea cukai ini bisa membuat produk seperti Apple Pencil, AirPods, Apple Watch, HomePod dan Mac Mini terkena pajak sebesar 25 persen. Dan kemungkinan, biaya itu akan dibebankan pada konsumen. 

Melalui Twitter, Trummp kemudian mendorong Apple untuk membangun pabrik manufaktur baru di AS untuk menghindari bea cukai itu.

Dia menyebutkan, Apple bahkan mungkin tidak akan terkena pajak dan mungkin akan mendapatkan insentif lain terkait pajak jika mereka mau membangun pabrik baru di AS. 

Apple memang merakit Mac Pro mereka di AS. Namun, kebanyakan produk mereka dibuat di Tiongkok.

Tahun lalu, Apple menanamkan investasi sebesar USD1 miliar di Corning, yang membuat kaca yang digunakan pada layar iPhone. Trump berkata, CEO Apple berkomitmen untuk membangun tiga pabrik di AS. 

Pada tahun ini, Apple juga berkata bahwa mereka akan menghabiskan ratusan miliar dollar dalam waktu beberapa tahun ke depan untuk mempekerjakan lebih banyak orang di AS dan juga berinvestasi dalam mengembangkan manufaktur lokal.

Penyuplai Apple, Foxconn juga telah membuat kantor di AS dan berencana untuk membuat pabrik LCD di Wisconsin. 

Jika Apple memindahkan pabrik mereka ke AS, hal ini bukan berarti produk mereka akan menjadi lebih murah karena mereka tidak harus membayar bea cukai.

Banyak perusahaan teknologi yang membuat produknya di Tiongkok karena upah pekerjanya lebih murah dan pabrik yang membuat komponen perangkat teknologi berdekatan dengan satu sama lain. Memindahkan infrastruktur ini akan memakan biaya yang cukup besar. 



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.