Line kembali menggelar konferensi pengembang tahunannya, Line Developer Day 2020.
Line kembali menggelar konferensi pengembang tahunannya, Line Developer Day 2020.

Line Developer Day 2020 Ingin Jawab Tantangan Teknologi

Teknologi teknologi line
Lufthi Anggraeni • 26 November 2020 14:18
Jakarta: Line kembali menggelar konferensi teknologi tahunannya, Line Developer Day 2020, yang terfokus pada perkembangan dan tantangan teknologi yang dihadapi pelaku industri, termasuk perusahaannya.
 
“Di tengah pandemi Covid-19, Line terus berupaya untuk menyajikan berbagai teknologi yang dapat mendukung kehidupan sehari-hari pengguna. Selain itu, Line juga mengalami peningkatan pada beberapa bidang teknologi yang digunakan untuk mendukung kebutuhan teknologi para pengguna,” ujar CTO Line Euivin Park.
 
Line menyebut layanan panggilan video platformnya mengalami peningkatan sebesar 235 persen pada bulan Mei 2020 lalu, jika dibandingkan dengan periode selama bulan Februari 2020. Tidak hanya panggilan video, Line juga merilis sejumlah layanan lain guna mendukung komunikasi pengguna terutama selama pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama tahun 2020 ini, Line telah meluncurkan layanan Watch Together, yang memungkinkan pengguna menikmati video bersama teman di Line, dan Line Meeting yang mmeungkinkan pengguna melakukan panggilan video untuk pertemuan virtual di dalam aplikasi tanpa membuat grup terlebih dahulu, hingga 500 partisipan.
 
Selain itu pada tahun ini, Line juga kian menunjukan keseriusannya di ranah finansial, dengan meluncurkan layanan perbankan sosial yaitu Line BK di Thailand. Line BK memungkinkan nasabah mengirim uang, membuka rekening tabungan, mengajukan pinjaman, dan melakukan pembayaran dari dalam aplikasi Line.
 
Saat ini, layanan tersebut baru tersedia di Thailand, namun Line berencana untuk memperluas layanan perbankan tersebut ke negara lain, termasuk Jepang, Taiwan dan Indonesia. Line juga mengumumkan upayanya dalam memperluas cakupan ke bidang teknologi lain.
 
Salah satu bidang teknologi yang juga difokuskan Line adalah pengembangan kecerdasan buatan (AI) via Line Clova, asisten AI fungsional untuk pengguna. Line juga mengembangkan Line Brain, bertugas menghadirkan teknologi AI untuk sejumlah layanannya.
 
Dan sebagai tanggapan atas pandemi yang belum berakhir, Line juga mengembangkan teknologi lai, guna memangkas kebutuhan komunikasi tatap muka langsung dan mengalihkannya ke ranah online, dan salah satunya yaitu akun resmi Line Shibuya Ward.
 
Line Shibuya Ward memungkinkan pengguna mendapatkan sertifikasi tempat tinggal dan pajak secara online, peta masker dengan menggunakan data terbuka dari Nat’l Health Insurance Taiwan, dan pemeriksaan kesehatan berbasis Chatbot di Jepang dan Taiwan.
 
LINE juga mengembangkan layanan Blockchain karena dinilai memiliki sejumlah keunggulan, seperti tingkat keamanan yang tinggi dan terpercaya. Namun, Line mengaku belum melihat penggunaan maksimal, mendorongnya menciptakan layanan yang mudah digunakan oleh pengguna.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif