Transaksi Bitcoin Indonesia Bisa Capai Rp1 Triliun per Hari

Cahyandaru Kuncorojati 14 Mei 2018 15:27 WIB
bitcoincryptocurrency
Transaksi Bitcoin Indonesia Bisa Capai Rp1 Triliun per Hari
General Manager Luno Vijay Ayyar.
Jakarta: Di Indonesia, mata uang digital atau kripto seperti Bitcoin masih terbilang baru setahun belakangan mulai banyak menarik perhatian. Meskipun nilai satu keping Bitcoin mencapai harga jutaan rupiah, rupanya masyarakat di Indonesia cukup terbuka dengan investasi ini.

Hal tersebut diketahui berdasarkan data dari layanan Luno, perusahaan penyedia jasa jual dan beli Bitcoin dan Ethereum serta digital wallet untuk menyimpan dua mata uang tersebut. General Manager Luno Vijay Ayyar menyebutkan bahwa transaksi bitcoin di Indonesia sendiri bisa mencapai Rp1 triliun per hari.

"Kepopuleran Bitcoin di Indonesia karena mulai banyak masyarakat Indonesia yang mulai memahami bahwa Bitcoin adalah aset terbaru selain emas, bisa dibilang Bitcoin adalah emas di dunia digital," ungkap Vijay.


Dia menyebutkan bahwa pengguna wallet Bitcoin Luno di Indonesia sendiri mencapai 500-700 setiap harinya. Mereka mengklaim bahwa dari data tahun lalu tercatat pengguna layanan wallet Bitcoin Luno di Indonesia tumbuh hingga 400 persen, yang membuat pengguna layanan tersebut di Indonesia sudah mencapai 300.000 orang.

Luno menyebutkan jumlah pengguna di Indonesia mewakili 15 persen pengguna global padahal pasar di Indonesia belum sebesar negara lain.

Vijay menyebutkan bahwa Bitcoin sama halnya seperti internet yang lambat laun mulai populer. Hal ini juga yang mendorong munculnya analisis bahwa kalangan generasi milenial akan menjadi investor paling dominan bisnis Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

"Generasi milenial adalah mereka yang lahir langsung mengenal perkembangan teknologi modern oleh sebab itu mereka tidak merasa asing dan justru penasaran dengan uang kripto," tutur Vijay.

Dia menjelaskan Bitcoin tidak dikendalikan oleh satu orang, perusahaan atau negara, siapa saja dapat menggunakannya jika memiliki perangkat yang terhubung ke internet.

Bitcoin menjadikan transaksi lebih murah, lebih aman serta lebih mudah meskipun harga 1 Bitcoin hari ini bisa mencapai Rp120 juta tapi investasi bisa dilakukan dengan pembelian nilai terkecil, yakni untuk 0,00000001 Bitcoin (BTC).

Di Indonesia, Luno, didukung oleh investor ternama seperti Venturra Capital yang dipimpin oleh Direktur Lippo Group John Riady. Selain itu, Luno juga telah menerima investasi dari Balderton Capital, RMI Holdings, Digital Currency Group, dan Naspers yang juga merupakan investor di OLX dan WeChat.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.