In-Camera Visual Effects di Unreal engine 5.1.
In-Camera Visual Effects di Unreal engine 5.1.

Unreal Engine 5.1 Dirilis, Permudah Proses Pembuatan Konten 3D

Cahyandaru Kuncorojati • 23 November 2022 08:52
Jakarta: Epic Games mengumumkan hadirnya Unreal Engine 5.1 yang membawa sejumlah fitur baru yang dikembangkan dari Unreal Engine 5. Mereka mengklaim versi terbaru ini memberikan kecepatan dalam proses pembuatan konten 3D serta beragam stress-test.
 
Melihat hampir sebagian besar game terbaru yang diumumkan telah mengandalkan teknologi Unreal Engine 5, maka kini developer bisa memanfaatkan peningkatan dari fitur yang sudah ada seperti Lumen, Nanite, dan Virtual Shadow Map.
 
Nanite yang menyediakan virtualisasi sistem geometris micropolygon telah ditambahkan dengan Programmable Rasterizer yang memungkinkan proses menambahkan material-driven animations dan deformations lewat World Position Offset.

Kemampuan tersebut memberikan kemudahan bagi kreator mengimplementasikan efek Nanite untuk behavior objek tertentu. Unreal Engine 5.1 juga menambahkan fitur yang meningkatkan efisiensi kerja para developer.
 
Fitur Virtual Assets menyediakan decouple metadata dari object data, memungkinkan developer untuk hanya mensinkronisasi yang mereka butuhkan dari source control system. Otomasi Pipeline State Object (PSO) caching untuk DX12 menyederhanakan proses menyiapkan game untuk dukungan DX12.
 
Di proses pembuatan open-world skala luas menuntu developer menyediakan banyak fungsi tambahan sekaligus alur kerja. Fitur World Partition kini mendukung Large World Coordinates untuk menciptakan open-world yang luas tanpa kehilangan detail terkecil.
 
Fitur baru di Hierarchical Level of Detail (HLOD) memberikan dukungan water rendering dan streaming membantu developer menciptakan area perairan yang luas pada open-world dengan kinerja yang sempurna dan memory footprint lebih kecil.
 
Unreal Engine 5.1 juga menghadirkan kemampuan efek visual in-camera yang lebih lengkap.  Hal ini berkat riwayat teknologi yang sudah digunakan pada lebih dari 425 film dan produksi televisi serta terintegrasi ke lebih dari 300 produksi virtual.
 
Di aspek ini dihadirkan dedicated In-Camera VFX (ICVFX) Editor yang bisa diandalkan oleh operator LED stage. Kemampuan ini mampu mengurangi beban kerja untuk mengecek Outline pada kontrol objek tertentu.
 
Pada ICVFX juga ditambahkan Media Plate Actor terbaru yang mendukung OpenEXR sehingga menyediakan kontrol drag-and-drop footage dari Content Browser. Fitur virtual camera system di Unreal Engine juga ditingkatkan semakin responsif serta memiliki UI yang baru dan akrab bagi operator kamera.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan