Grab. Foto: Istimewa.
Grab. Foto: Istimewa.

Grab Perkuat Fitur Keamanan dan Layanan Ramah Wisatawan bagi Pelancong

Fatha Annisa • 18 Desember 2025 17:49
Jakarta: Grab terus memperkuat aspek keselamatan wisatawan melalui berbagai fitur keamanan dalam aplikasi. Mulai dari Audio Protect, Grab Safety, hingga tombol SOS yang terhubung dengan layanan darurat setempat.
 
Verifikasi identitas pengemudi menjadi salah satu fitur keamanan yang dihadirkan oleh Grab demi meningkatkan keamanan pengguna. Sementara Audio Protect merupakan fitur opsional untuk lapisan keamanan tambahan melalui rekaman suara selama perjalanan.
 
Ada pula Grab Safety yang memungkinkan penumpang membagikan detail perjalanan mereka secara real-time kepada orang-orang terkasih, serta tombol SOS yang terhubung dengan layanan darurat setempat jika diperlukan.
 
Selain itu, Grab turut menghadirkan berbagai layanan ramah wisatawan seperti berikut ini:
 
 
Baca juga: Cara Mudah Top Up Saldo Grab Driver
 

1. Perjalanan ke dan dari bandara dengan mudah

Melalui layanan ini, wisatawan hanya perlu memasukkan nomor penerbangan sebagai tujuan mereka untuk diarahkan ke terminal yang sesuai dan memantau waktu keberangkatan.
 
Penjemputan bandara juga dapat dijadwalkan melalui fitur Advance Booking yang menyesuaikan jadwal secara real-time.
 

2. Asuransi perjalanan

Wisatawan dapat membeli perlindungan perjalanan langsung melalui Ride Cover Plus yang tersedia di aplikasi Grab. Ini merupakan asuransi mikro opsional yang memberikan perlindungan kecelakaan diri selama perjalanan Grab dan hingga 24 jam setelahnya.
 

3. Kuliner

Wisatawan dapat menemukan tempat makan lokal yang menarik melalui fitur Grab Dine-Out dan Grab Discover.
 
 
Baca juga: Cara Top Up e-Money Pakai Aplikasi Grab, Nggak Perlu Repot ke ATM Lagi!
 

4. Dukungan bahasa dan navigasi

Fitur terjemahan di aplikasi membantu memudahkan komunikasi antara penumpang dan mitra pengemudi. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat panduan visual lokasi seperti bandara, sehingga lebih mudah menemukan titik jemput dan mengurangi waktu tunggu.
 

5. Pembayaran

Wisatawan dapat bertransaksi melalui QR di usaha kecil lokal dengan membuat dompet digital di aplikasi Grab dan mengisi saldo menggunakan kartu internasional. Pembayaran layanan Grab juga didukung berbagai metode alternatif seperti kartu kredit.

6. Grab Tourism Safety & Security Center

Laman Pusat Keamanan dan Keselamatan Wisatawan hadir untuk memberikan kemudahan aksesibilitas pada informasi lengkap kontak darurat yang mungkin dibutuhkan, seperti daftar sambungan telepon 24 jam khusus laporan terkait kekerasan seksual, SAPA 129, alamat kantor kepolisian & kedutaan, daftar rumah sakit, dan Basarnas.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan