Saipul Usman, pemuda 30 tahun asal Sulawesi Tengah yang membuat aplikasi Draiv. Metro TV
Saipul Usman, pemuda 30 tahun asal Sulawesi Tengah yang membuat aplikasi Draiv. Metro TV

Kick Andy

Draiv, Aplikasi Ojek Online Buatan Putra Daerah Sulawesi Tengah

MetroTV • 12 Desember 2021 21:38
Jakarta: Draiv merupakan sebuah aplikasi ojek online yang dibuat Saipul Usman, seorang pemuda 30 tahun asal Sulawesi Tengah. Awal terbentuknya aplikasi ini semata mata hanya karena kesenangan Saipul di dunia IT dan motivasinya untuk membantu sesama.
 
Seiring berjalannya waktu, Draiv terus berkembang dan membantu berbagai sektor usaha masyarakat di Sulawesi Tengah. Melihat prospek ojek online yang baik ke depannya, membuat Saipul mengembangkan aplikasi ini meski harus bersaing dengan kompetitor lain.
 
“Untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat akan aplikasi baru saat itu agak susah, jadi saya mencari poin apa yang menjadi kebutuhan masyarakat pada saat itu,” kata Pendiri Draiv, Saipul Usman dalam tayangan Kick Andy di Metro TV, Minggu, 12 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saipul bercerita sebelum berkembang menjadi aplikasi online, Draiv awalnya diperuntukan sebagai aplikasi sedekah daring. Dengan aplikasi Draiv, Saipul menggalang dana untuk berbagai kebutuhan masyarakat di Kabupaten Banggai, seperti masjid dan anak yatim piatu.
 
Co-Founder Draiv, Ishak Umar, mengatakan aplikasi Draiv pertama kali beroperasi di Kabupaten Banggai. Setelah enam bulan beroperasi, Draiv mulai melakukan expansi pertama yaitu di daerah Kabupaten Tolitoli. Hingga saat ini aplikasi Draiv telah beroperasi di 22 titik di Sulawesi dan Bali.
 
Hadirnya Draiv memberikan dampak positif bagi para mitranya, mulai dari ojek tradisional hingga lapak makanan yang mengaku mengalami kenaikan omset setelah adanya aplikasi Draiv.
 
“Omset lebih naik lagi, lebih dari 50 persen dibanding biasanya” kata pemilik Warung Liwa Wahyuningtyas.
 
Hingga ini pengemudi yang telah bergabung dengan aplikasi Drive mencapai 1.200 unutk motor dan mobil sebanyak 200. Sedangkan mitra lapak makanan yang telah bergabung sebanyak 3.000 dengan jumlah menu makanan 60.000.
 
Layanan yang diberikan aplikasi Drive ialah Draiv Bike, Draiv Car, Draiv Food, Drive Bentor (daerah Gorontalo). Aplikasi buatan anak daerah ini juga menyediakan layanan Draiv Wash, Draiv Send, Draiv Shop, dan yang akan meluncurkan Draiv Barber. (Imanuel Rymaldi Matatula)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif