NEWSTICKER
Apple dikabarkan akan merilis produk pada kategori baru, Apple Tags atau AirTags pada akhir tahun.
Apple dikabarkan akan merilis produk pada kategori baru, Apple Tags atau AirTags pada akhir tahun.

Apple akan Luncurkan Fitur Tag Pelacak Lokasi Akhir Tahun?

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 19 Februari 2020 14:09
Jakarta: Setelah beberapa bulan dirumorkan, Apple diperkirakan akan memproduksi puluhan ribu produk pelacak ultra-wideband karyanya pada akhir tahun 2020 ini. Sejumlah pihak memeriahkan rumor yang beredar dengan spekulasi produk ini akan mengusung nama AirTags atau Apple Tags.
 
The Verge melaporkan bahwa analis Apple kenamaan, Ming-chi Kuo menyebut produk ini akan diproduksi pada kuartal ketiga tahun ini. Kehadiran Apple Tags atau AirTags dibocorkan oleh sejumlah media pada tahun 2019 lalu.
 
Bocoran gambar yang beredar menampilkan perangkat ini berupa pelacak Bluetooth serupa produk Tile, menggunakan gelombang radio ultra-wideband serupa iPhone 11 terbaru Apple. Perangkat ini juga berkemampuan untuk dihubungkan dengan akun iCloud pengguna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tag ini ditujukan untuk memudahkan pengguna melacak benda yang hilang, seperti kunci, via aplikasi Find My. Selain itu, tag ini juga memanfaatkan kemampuan Offline Finding yang diperkenalkan di sistem operasi iOS 13.
 
Rumor sebelumnya menyebut Apple Tags ini akan berbentuk bulat serupa disk, dan akan didukung oleh chip lokasi U1 baru Apple yang telah tertanam di iPhone 11. Selain itu, balon 3D juga akan menyediakan petunjuk visual untuk menentukan lokasi dari benda yang hilang, serupa via antarmuka Augmented Reality (AR).
 
Rangkaian kode di sistem operasi iOS 13 internal juga diterjemahkan sejumlah pihak memungkinkan pengguna untuk berjalan sejauh beberapa meter dan memindahkan iPhone ke atas dan ke bawah hingga balon muncul di layar.
 
Namun masih belum tersedia informasi terkait waktu ketersediaan tag ini di pasar, meski tidak menutup kemungkinan bahwa Apple Tags atau AirTags ini akan dirilis selama ajang peluncuran iPhone baru pada bulan September mendatang berlangsung.
 
Situs 9to5Mac menyebut bahwa AirTags merupakan kategori produk yang benar-benar baru, dan Apple diperkirakan akan mengumumkannya lebih awal, di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada bulan Juni mendatang.
 
Sebelumnya, Apple dikabarkan akan mengumumkan iPhone 9/SE 2 pada pertengahan bulan Maret mendatang. Menurut informasi terbaru, gelaran acara tersebut mengalami penundaan hingga tanggal 31 Maret 2020 mendatang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif