NEWSTICKER
FCC membuka portal laporan untuk mendata penggunaan peralatan jaringan telekomunikasi karya Huawei dan ZTE di AS.
FCC membuka portal laporan untuk mendata penggunaan peralatan jaringan telekomunikasi karya Huawei dan ZTE di AS.

FCC Berupaya Hilangkan Perangkat Huawei dan ZTE dari Jaringan AS

Teknologi teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 28 Februari 2020 18:53
Jakarta: Huawei telah dianggap sebagai ancaman bagi keamanan nasional oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) selama beberapa tahun ini. Sebagai konsekuensinya, pada tahun 2019, FCC resmi melarang perusahaan menggunakan subsidi untuk membeli peralatan Huawei dan ZTE.
 
Larangan ini didasarkan pada tuduhan bahwa peralatan karya dua perusahaan asal Tiongkok tersebut dimanfaatkan sebagai alat mata-mata. Kini, Engadget melaporkan bahwa FCC membuka portal pelaporan untuk menghimpun data dari operator seluler terkait penggunaan peralatan Huawei dan ZTE.
 
Kehadiran portal pelaporan ditujukan agar lembaga ini dapat menyusun program reimbursement yang realistis. Pendanaan ini yang disediakan oleh program ini akan diberikan kepada operator seluler, terutama operator seluler di wilayah terpencil, untuk memfasilitasi penggantian peralatan jaringan Huawei atau ZTE.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Chairman FCC Ajit Pai, penunjukan ancaman keamanan nasional terkait dengan kedua perusahaan tersebut akan selesai pada musim semi mendatang. Data yang dihimpun dari operator seluler ini akan membantu memfasilitasi identifikasi dari area yang paling banyak menggunakan peralatan dan layanan Huawei dan ZTE.
 
Selain itu, data yang dihimpun ini juga ditujukan untuk menentukan langkah selanjutnya sehingga dapat membantu menghilangkan perangkat kedua perusahaan ini secara menyeluruh. Informasi lain yang dihimpun oleh FCC termasuk data untuk biaya pembelian, instalasi dan penggantian peralatan jaringan.
 
Informasi lain ini juga termasuk tipe peralatan dan layanan yang digunakan operator seluler. FCC memberikan batas waktu kepada operator seluler untuk mengirimkan dokumen pelaporan tersebut hingga tanggal 22 April mendatang.
 
Sebelumnya, pada acara peluncuran Mate X lalu, Richard Yu mengonfirmasikan tanggal pasti peluncuran seri P40. CEO Huawei tersebut mengungkap bahwa lini ponsel cerdas unggulan terbaru Huawei ini akan diluncurkan pada tanggal 26 Maret mendatang, di Paris, Prancis.
 
Bocoran informasi dan rumor menyoal Huawei P40 series yang sebelumnya beredar menyebut lini ini akan terdiri dari tiga model. Ketiga model ini terdiri dari model premium yang diwakili oleh Huawei P40 Premium Edition, dengan bekal lima kamera belakang dan mengunggulkan lensa telefoto periskop zoom optikal 10 kali.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif