Telkomsel mengumumkan peningkatan trafik akibat penerapan kebijakan Work From Home.
Telkomsel mengumumkan peningkatan trafik akibat penerapan kebijakan Work From Home.

Trafik Telkomsel Naik 16% Selama WFH

Teknologi teknologi telkomsel telekomunikasi
Lufthi Anggraeni • 07 April 2020 11:18
Jakarta: Di tengah pandemik korona, pemerintah menerapkan kebijakan beraktivitas dari rumah untuk menghentikan penyebaran COVID-19, tidak terkecuali di Indonesia. Penerapan kebijakan berdampak pada peningkatan trafik data seluler, salah satunya Telkomsel.
 
“Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi, mencapai 16 persen. Lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan ini juga didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring,” ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.
 
Penggunaan data seluler untuk aplikasi tersebut mengalami peningkatan sebesar 5.404 persen, yang diklaim Telkomsel juga didorong oleh peningkatan jumlah pelanggan yang memanfaatkan kemudahan mengakses aplikasi e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang ditawarkan oleh Telkomsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Telkomsel juga menyebut terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan konferensi video online sebesar lebih dari 443 persen.Untuk mendukung penerapan kebijakan beraktivitas dari rumah, Telkomsel telah menghadirkan kemudahan proses bekerja secara daring melalui paket bebas kuota data hingga 60GB untuk mengakses aplikasi CloudX Telkomsel.
 
Sebagai informasi, aplikasi CloudX merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone dan desktop. Telkomsel juga mencatat peningkatan trafik komunikasi pada kategori layanan media sosial cenderung stabil
 
Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan, seperti Whatsapp, Line, dan Telegram, Telkomsel mencatat pertumbuhan sebesar 40 persen, sedangkan game online meningkat sebesar 34 persen. Untuk layanan hiburan seperti streaming video, Telkomsel menyebut terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17 persen.
 
Sementara itu dalam memastikan kualitas jaringan yang prima di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat COVID-19, Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1.800, 2.100, dan 2.300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.
 
Telkomsel juga menegaskan komitmennya untuk hadir berdampingan dengan Pemerintah RI, sehingga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Satuan Gugus Tugas COVID-19 dengan turut membantu penyediaan layanan broadcast SMS.
 
Penyediaan layanan ini ditujukan untuk penyebaran informasi terkini terkait dengan imbauan serta edukasi guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus korona dan COVID-19 di Indonesia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif