Aplikasi Raqib Atid. (Ilustrasi)
Aplikasi Raqib Atid. (Ilustrasi)

Aplikasi Pencatat Dosa 'Raqib Atid' Hilang dari PlayStore

Teknologi teknologi aplikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Mei 2020 09:03
Jakarta: Warganet Indonesia sempat dihebohkan dengan aplikasi religi buatan lokal bernama Raqib Atid. Namanya yang terinspirasi dari dua malaikat dalam keyakinan Muslim ini semakin kontroversial karena fungsinya juga untuk menyerupai tugas dari malaikat tersebut.
 
Kontroversi tersebut yang tampaknya membuat aplikasi ini hilang dari Google Play Store sejak kemarin, kemungkinan juga ada permintaan dari pembuat aplikasi. Padahal aplikasi ini sudah mendapatkan rating 4,6 bintang dan diunduh lebih dari 1000 kali tapi tidak tersedia di App Store iOS.
 
Di deskripsi Play Store dan pengalaman Medcom.id mencobanya, aplikasi ini akan menyediakan pilihan bagi Anda untuk mencatatkan kegiatan atau perbuatan yang termasuk dosa dan pahala secara mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, di dalamnya berisi beberapa kategori seperti ghibah atau membicarakan keburukan orang lain, berbicara kotor atau kasar, membantah orang tua, ingkar janji, dan sejenisnya. Bahkan pengguna bisa menambahkan jenis dosa yang tidak tersedia dalam opsi di dalam aplikasi
 
Di bagian Pahala tersedia pilihan seperti melakukan dzikir, salat, sedekah, membantu orang, membaca Alquran, dan berpuasa. Di sini juga tersedia pilihan untuk menambahkan kegiatan atau perbuatan kebaikan yang dilakukannya.
 
Keduanya masinbg-masing diberikan opsi tambahan seperti catatan per hari ini, total, dan statistik. Penggunanya juga bisa secara detil mencatat berapa kali kegiatan keburukan dan kebaikan yang dilakukannya, misalnya ghibah dua kali dan menunaikan salat lima kali atau kurang.
 
Sekilas memang aplikasi ini tidak berbeda jauh dari buku catatan ibadan selama bulan Ramadan seperti yang dulu dimiliki pelajar sekolah dasar. Namun, di media sosial banyak komentar negatif terkait aplikasi ini, meskipun dengan rating 4,6 di Google Play Store justru banyak ulasan positif dari penggunanya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif