Instagram akan otomatis membuat akun pengguna di usia remaja menjadi Private Account untuk membuat mereka aman berinteraksi dan mengeksplorasi konten di media sosial.
Instagram akan otomatis membuat akun pengguna di usia remaja menjadi Private Account untuk membuat mereka aman berinteraksi dan mengeksplorasi konten di media sosial.

Otomatis Private Account, Instagram Mau Lindungi Pengguna Remaja

Teknologi media sosial teknologi instagram
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Juli 2021 08:00
Jakarta: Instagram kini menjadi platform media sosial yang semakin populer selain saudaranya yaitu Facebook. Tidak lagi menjadi platform berbagai foto, Instagram tahu bahwa penggunanya juga didominasi oleh kalangan muda termasuk remaja, mereka yang berusia kurang dari 18 tahun.
 
Tentu saja pengguna di usia tersebut dianggap masih mudah terpapar hal negatif dari konten yang tersebar di media sosial. Makanya Instagram berkomitmen untuk menciptakan platform yang lebih aman untuk remaja.
 
Dikutip dari The Verge, kini Instagram akan otomatis membuat akun penggunanya yang berusia 18 tahun atau lebih mudah menjadi jenis Private Account. Pada jenis ini hanya follower yang disetujui yang bisa melihat unggahan dan profile sebuah akun Instagram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Efeknya dari Private Account adalah membuat tidak semua pengguna Instagram terutama yang tidak dikenal memantau aktivitas penggunanya yang berusia masih mudah dan kerap jarang menjaga privasi mereka di media sosial.
 
Meskipun begitu Instagram tidak mengunci sebuah akun Instagram pengguna di rentang usia remaja menjadi Private Account. Di sini masih disediakan opsi untuk mengubahnya menjadi Public Account.
 
Pada jenis tersebut pengguna Instagram lain bisa menjadi follower tanpa izin bahkan tanpa berstatus follower mereka tetap bisa melihat isi dari profile Instagram tersebut.
 
Instagram juga mengklaim sudah melakukan sejumlah cara untuk membatasi interaksi antara pengguna Instagram di usia dewasa dengan pengguna yang diketahui masih berusia di bawah 16 tahun demi mencegah hal buruk yang tidak diinginkan.
 
Jadi akun Instagram dari pengguna yang berusia dewasa termasuk konten mereka tidak akan muncul pada halaman pencarian atau Explore milik pengguna usia remaja, demikian juga sebaliknya. Di luar negeri langkah ini didorong untuk melindungi remaja dari pelaku predator di internet.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif