Mollick yang telah mengamati Kickstarter selama beberapa tahun menyebut, hasil survei yang dilakukannya juga mencatat situs pendanaan massal ini telah menghasilkan 61.654 proyek yang sukses, dari tahun 2009 hingga 2015, seperti yang dilaporkan Engadget.
Berdasarkan hasil surveinya tersebut, Mollick menyimpulkan bahwa Kickstarter telah berhasil menghadirkan keuntungan bagi pada pencipta perangkat dan proyek lainnya.
Studinya juga mencatat, setiap proyek cenderung mendapatkan keuntungan USD2,46 di luar dari yang didapatkannya via situs ini. Namun, proyek desain produk dan makanan cenderung mendapatkan keuntungan lebih tinggi.
Secara keseluruhan, Mollick memperkirakan Kickstarter menghimpun USD5,3 miliar untuk kreator dan komunitas mereka. Selain daftar estimasi, Mollick juga mencatat sebesar 37 persen dari responden surveinya menyebut proyek mereka membantu meningkatkan karir.
Sebanyak 21 persen mengaku mulai mendapatkan keuntungan lebih banyak setelah kampanye yang didaftarkan pada Kickstarter berhasil. Sejumlah pembuat film, musisi, penulis, dan kreator video game dilaporkan menandatangi kesepakatan penerbitan dan distribusi berkat kesuksesan proyek mereka.
Mollick juga menyebut, situs ini juga memiliki kesempatan yang dapat membantu produsen besar seperti Oculus Rift dan smartwatch Pebble untuk dapat sukses di pasar. Oculus sendiri menjadi bagian dari Facebook setelah diakuisisi oleh salah satu jejaring sosial terbesar tersebut, dengan nilai transaksi sebesar USD2 miliar.
Menurut statistik yang dirilis situs ini, sebanyak 196.240 proyek yang dikampanyekannya tidak mengalami nasib baik. Sementara itu 1 dari 10 proyek, di antara 109.662 proyek, gagal memenuhi janji yang mereka tawarkan kepada pendukungnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News