Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ada Skema Penipuan Baru Targetkan Pengguna Android

Teknologi google cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 23 Maret 2019 19:17
Jakarta:Dua perusahaan pendeteksi penipuan menemukan skema penipuan besar yang menargetkan pengguna Android. Metode penipuan ini juga menghabiskan daya baterai dan paket data pengguna Android.
 
Skema ini memanfaatkan iklan pada aplikasi yang developergunakan via platform iklan MoPub milik Twitter. Para penipu lalu diam-diam menjalankan iklan video tanpa suara di belakang banner iklan yang asli. Dengan begitu, para korban tidak akan pernah tahu akan adanya keberadaan video iklan itu, lapor Engadget.
 
Metode penipuan ini tidak hanya merugikan korban, yang daya baterai ponselnya serta paket datanya habis, tapi juga para pengiklan. Meskipun iklan yang pengiklan pasang ditandai telah dilihat, tidak ada seorang pun yang melihat iklan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Protected Media, salah satu perusahaan anti-penipuan yang menyadari skema penipuan ini, mengatakan bahwa Twitter tidak salah dalam hal ini. Media sosial itu juga merupakan korban dari para penipu.
 
Setelah diselidiki, diketahui iklan penipuan ini datang dari perusahaan bernama OutStream Media, perusahaan anak Aniview, perusahaan asal Israel yang mengklaim dirinya sebagai platform layanan mandiri.
 
BuzzFeed menyebutkan bahwa Aniview tidak bersalah atas apa yang dilakukan oleh OutStream, tapi mereka juga tidak menggambarkan perusahaan itu sebagai perusahaan terpercaya.
 
Penyelidikan Protected Media ini memperkuat hasil penyelidikan yang dilakukan oleh DoubleVerify, perusahaan pendeteksi penipuan lain, yang menemukan modus operandi ini pada akhir tahun lalu.
 
Ketika itu, DoubleVerify menemukan bahwa iklan video iklan yang muncul menggunakan pemutar video Aniview. Mereka juga menemukan bahwa ada 60 juta telepon iklan untuk iklan video penipuan setiap bulannya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif