Ilustrasi.
Ilustrasi.

XL Fokus Bangun Jaringan di Sumatera

Teknologi xl telekomunikasi
Ellavie Ichlasa Amalia • 18 Januari 2019 13:10
Jakarta:Kawasan Sumatera adalah kawasan dengan pertumbuhan penggunaan layanan data paling cepat di luar Jawa, menurut XL Axiata.
 
Jumlah pelanggan XL di kawasan itu mencapai 16 persen dari total pelanggan. Dari semua pelanggan tersebut, sebanyak 80 persen merupakan pelanggan paket data. Karena itu, tidak heran jika XL memutuskan untuk mengembangkan jaringan di kawasan Sumatera.
 
"Peningkatan permintaan pelanggan dan masyarakat Sumatera atas layanan XL Axiata bisa dibilang cukup tinggi," kata Group Head West Region XL Axiata, Francky Rinaldo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masyarakat semakin memahami manfaat positif dari tersedianya layanan data dan internet cepat. Karena itu, kami tidak ragu untuk terus membangun jaringan data 4G LTE di hampir semua provinsi di Sumatera. Pembangunan tersebut akan terus berlanjut pada tahun ini."
 
Francky mengatakan, salah satu bukti betapa pentingnya layanan internet bagi masyarakat Sumatera adalah lonjakan trafik selama libur Natal dan Tahun Baru.
 
Per Oktober 2018, XL memiliki lebih dari 5.500 BTS 4G di keseluruhan Sumatera dan kepulauan sekitarnya.
 
Angka itu naik berkat pembangunan yang XL lakukan selama sembilan bulan pada 2018. Dari total 10 ribu BTS 4G yang XL bangun, sebanyak 22 persen atau sekitar 2.300 BTS dibangun di Sumatera.
 
Sumatera Utara adalah kawasan dengan jumlah BTS terbanyak, dengan total BTS 4G mencapai 1.400, diikuti oleh Lampung dengan 800 BTS 4G.
 
Selain Sumatera Utara dan Lampung, ada beberapa kawasan lain yang menunjukkan penggunaan layanan data yang tinggi, seperti Riau dan Kepulauan Riau.
 
Francky mengatakan, timnya memang fokus untuk membangun jaringan di kawasan dan kota yang masyarakatnya aktif menggunakan layanan internet. Namun, mereka juga terus melakukan pembangunan di kawasan lain.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi