Head of Communication APAC HMD Global, Nicholas Lim, dan Product Manager HMD Global Juha Werkala.
Head of Communication APAC HMD Global, Nicholas Lim, dan Product Manager HMD Global Juha Werkala.

Harga Rp2,7 Juta, Nokia 5.1 Plus Pasang Android 9.0 Murni

Teknologi nokia
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Januari 2019 16:58
Jakarta: Nokia 5.1 Plus akan diusung sebagai penerus Nokia 6.1 Plus. Hal ini disampaikan oleh pihak HMD Indonesia sebagai produsen smartphone Nokia dalam sebuah diskusi kecil dengan media.
 
Nokia 5.1 Plus sudah mulai dijual di Indonesia pada Oktober tahun lalu. Sayangnya, pihak HMD Indonesia tidak memberikan alasan jelas mengapa mereka memberikan kabar tentang peluncuran produk ini.
 
Marketing Lead HMD Indonesia, Miranda Vania Warokka, yang hadir dalam diskusi dengan media, menyebutkan bahwa saat Nokia 5.1 Plus dirilis, pihaknya tengah gencar menjalankan program kampanye Nokia 6.1 Plus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di diskusi ini, hadir pula Product Manager HDM Global, Juha Werkala. Medcom.id sempat bertanya mengenai kemiripan desain Nokia 5.1 Plus dengan desain Nokia 6.1 Plus.
 
"Menurut kami, desain yang digunakan pada kedua smartphone sudah sangat bagus untuk kelas smartphone berharga terjangkau. Perbedaannya, mungkin Nokia 5.1 Plus menggunakan material kaca dan polycarbonate, bukan kaca dan alumium," jelas Werkala.
 
Nokia 5.1 Plus mengusung layar 5,8 inci rasio 19:9 resolusi HD+ dengan desain tepian bodinya yang melengkung 2,5D. Bagian belakangnya dibuat mengilap. Disebutkan, material yang digunakan adalah kaca.
 
Soal spesifikasi, Nokia 5.1 Plus menggunakan MediaTek P60 RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa ditambah MicroSD menjadi 400GB. Werkala menyebutkan dapur pacu ini cukup untuk mendukung kebutuhan bermain game.
 
Terkait smartphone gaming,Werkala menyebutkan bahwa HMD belum berencana merilis smartphone khusus gaming.Namun, untuk sekadar memainkan game mainstream,menurutnya Nokia 5.1 Plus sudah sangat cukup untuk menyediakan pengalaman yang memuaskan dengan harga terjangkau.
 
"Untuk sistem operasi, Nokia 5.1 Plus langsung mendukung Android 9.0 Pie dengan antarmuka Android murni. Kami enggan menciptakan UI sendiri karena Android murni memberikan update berkala terbaik. Selain itu, kami tahu konsumen kerap tidak menyukai aplikasi bawaan UI yang tidak bisa dihapus," jelas Werkala.
 
Ditanya langkah untuk menciptakan segmentasi smartphone dengan nama seri berbeda -- seperti yang dilakukan ASUS misalnya -- Werkala mengatakan penamaan dengan angka jauh lebih mudah diingat.
 
Nokia 5.1 Plus hadir dengan kamera ganda di belakang resolusi 13MP+5MP yang diklaim mendukung game berbasis AR dan kamera depan 8MP. Kapasitas baterainya sebesar 3060 mAh. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2.699.000.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif