Facebook terkena denda di Jerman. (AFP PHOTO / JOEL SAGET)
Facebook terkena denda di Jerman. (AFP PHOTO / JOEL SAGET)

Jerman Denda Facebook

Teknologi media sosial facebook
Ellavie Ichlasa Amalia • 03 Juli 2019 11:10
Jakarta:Pemerintah Jerman berkata bahwa mereka memberikan denda sebesar USD2,3 juta (Rp32,6 miliar) pada Facebook karena dianggap telah melanggar hukum ujaran kebencian. Facebook dituduh mengurangi jumlah laporan tentang konten ilegal.
 
Badan Keadilan Federal berkata bahwa laporan transparansi yang Facebook rilis pada semeseter satu 2018 hanya menyebutkan "sebagian kecil keluhan tentang konten ilegal."
 
"Ini membuat ilustrasi yang salah pada masyarakat tentang penyebaran konten ilegal dan cara Facebook mengatasi hal itu," ungkap badan tersebut dalam pernyataan resmi, seperti yang dikutip dari CNET.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan transparansi Facebook juga dianggap tidak memuaskan karena tidak menyertakan informasi yang cukup tentang cara Facebook mengatasi keluhan akan konten ilegal. Facebook juga diduga memberikan informasi salah tentang masukan yang mereka dapatkan.
 
Di bawah hukum Jerman, yang disebut Hukum Penyelenggaraan Jaringan, perusahaan media sosial seperti Facebook harus membuat laporan setiap enam bulan tentang bagaimana mereka bertanggung jawab atas keluhan akan adanya konten ilegal.
 
Facebook masih bisa mengajukan banding akan denda ini. Namun, mereka tidak memberikan komentar terkait denda tersebut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif