"Pada tahun 2020, kita ingin menjadi smartphone yang bisa memimpin pasar Indonesia, menjadi produk yang paling laris di Indonesia," kata Tjandra Lianto, Marketing Director, Advan saat ditemui di Artotel dalam acara peluncuran Advan i5C Duo, Jumat 23 Maret 2018.
"Tidak hanya sebagai produk terlaris, kami ingin menjadi merek kebanggan Indonesia. Jika Amerika Serikat punya Apple, Korea Selatan punya Samsung, kenapa Indonesia tidak bisa punya Advan?"
Untuk merealisasikan rencananya, salah satu hal yang Advan lakukan adalah memperbaiki kualitas produk yang mereka luncurkan. Dia menyebut, Advan akan berusaha menanamkan teknologi terbaru pada ponsel dan pada saat yang sama, menekan harga agar tetap terjangkau.
"Dari sisi R&D, kami coba lakukan alih teknologi dari Shenzhen (Tiongkok) ke Semarang," kata pria yang akrab dengan sapaan Tjandra ini. Dia mengatakan, Advan juga akan berusaha untuk memperbaiki sumber daya manusianya juga memperbanyak jumlah service center.

Advan i5C Duo, ponsel terbaru dari Advan. (Medcom.id)
Sekarang, Advan memiliki sekitar 62-65 titik pusat pelayanan perbaikan. Tahun ini, Tjandra mengatakan, mereka berencana untuk menambah jumlah service center menjadi setidaknya 72 titik. Ini adalah salah satu cara Advan untuk menghadapi Xiaomi, yang tidak hanya bisa meluncurkan ponsel berharga terjangkau dengan spesifikasi yang tinggi tapi juga memiliki penggemar setia.
"Masing-masing merek kan punya kelebihan dan kelemahan. Kelemahan mereka, masih kurang di service center," kata Tjandra.
"Kami mencoba meningkatkan itu. Kami akan terus tambah service center agar mudah dijangkau." Dia juga menjelaskan, Advan ingin meningkatkan kualitas service center mereka agar bisa memperbaiki smartphone yang bermasalah dalam waktu 24 jam.
Tjandra mengaku tertarik untuk membuat smartphone flagship. Sayangnya, dia merasa konsumen belum cukup percaya pada merek Advan. "Membuat smartphone flagship itu mudah, tapi meyakinkan konsumen kalau ponsel kita yang terbaik di kelasnya, itu yang sulit," katanya.
Karena itu, kini Advan masih membuat ponsel dengan harga terjangkau dengan tujuan untuk membangun kepercayaan konsumen pada kualitas merek ponsel mereka.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id