Xiaomi mengumumkan laporan pendapatan selama Q1 2020.
Xiaomi mengumumkan laporan pendapatan selama Q1 2020.

Xiaomi Alami Pertumbuhan Pendapatan di Tengah Pandemi

Teknologi teknologi xiaomi
Lufthi Anggraeni • 22 Mei 2020 14:59
Jakarta: Xiaomi mengumumkan pertumbuhan di seluruh segmen bisnis pada kuartal pertama 2020. Selama periode tersebut, pendapatan Xiaomi mencapai CNY49,7 miliar atau sekitar Rp102,9 triliun, dengan persentase 13,6 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Sementara itu, laba bersih Xiaomi dilaporkan mencapai CNY2,3 miliar atau sekitar Rp4,7 triliun, mengalami peningkatan sebesar 10,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019 lalu.
 
“Meski industri menghadapi tantangan yang serius, Grup masih bisa tumbuh di seluruh segmen terlepas pelemahan pasar, yang bisa menggambarkan model bisnis Xiaomi yang fleksibel, ulet, dan kompetitif," ujar Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lei Jun juga mengungkap bahwa dalam kuartal pertama tahun 2020, Xiaomi berhasil menerbitkan obligasi dolar AS pertama dengan kelebihan permintaan sebesar 7,5 kali. Dan menurut Canalys, dalam periode yang sama di tahun 2019 lalu, Xiaomi menempati peringkat keempat global dalam kategori pengapalan smartphone, dengan pertumbuhan pangsa pasar menjadi 11,1 persen.
 
Pertumbuhan ini disebut laporan Canalys menjadikan Xiaomi sebagai satu di antara dua dari lima besar produsen smartphone global yang berhasil mempertahankan pertumbuhan tahunan dalam kategori pengapalan.
 
Perusahaan ini juga melaporkan bahwa pengapalan smartphone dengan model Mi 10 dan Mi 10 Pro telah melampaui 1 juta unit dalam kurun waktu dua bulan setelah diluncurkan pada bulan Februari 2020 lalu.
 
Dan Xiaomi mengaku akan terus menerapkan strategi merek ganda, sebab dinilai terbukti mendatangkan hasil memuaskan pada kuartal pertama tahun 2020 ini. Sementara itu, pendapatan Xiaomi dari luar pasar Tiongkok dilaporkan mengalami peningkatan sebesar 47,8 persen YoY.
 
Peningkatan tersebut diterjemahkan menjadi CNY 24,8 miliar atau sekitar Rp51,4 triliun pada kuartal pertama 2020, dengan kontribusi mencapai 50 persen dari pendapatan Xiaomi secara keseluruhan.
 
Selain itu, pada kuartal pertama tahun 2020, Xiaomi menyebut bahwa pendapatannya dari segmen produk IoT dan gaya hidup mencapai CNY13 miliar atau sekitar Rp26,9 triliun. Pendapatan dari segmen ini diterjemahkan sebagai pertumbuhan pendapatan sebesar 7,8 persen.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif