Pemerintah Korea Selatan menargetkan prototipe 6G siap pada tahun 2026 mendatang.
Pemerintah Korea Selatan menargetkan prototipe 6G siap pada tahun 2026 mendatang.

Pemerintah Korea Selatan Ingin Prototipe 6G Siap di 2026

Teknologi telekomunikasi
Lufthi Anggraeni • 02 Mei 2022 09:30
Jakarta: 5G menjadi medan perang tidak hanya bagi produsen smartphone, tapi juga untuk pemerintah. Namun kini setelah teknologi tersebut telah mapan, fokus beralih ke teknologi selanjutnya yaitu 6G.
 
Apa itu 6G? Mengutip GSM Arena, sejumlah persyaratan performa dari teknologi ini termasuk tingkat data tertinggi yaitu 1 Tpbs, 1.000 kali bandwidth port Ethernet umum, dan latensi di bawah 100 µs atau satu pers 10,000 dari satu detik.
 
Jika dibandingkan dengan 5G, 6G bertujuan untuk menyuguhkan tingkat data tertinggi 50 kali lebih tinggi dan mengurangi latensi 10 kali. Tidak hanya perusahaan, pemerintah Korea Selatan untuk menunjukan minat besar dalam menjadi pemain utama di era jaringan mobile selanjutnya tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presidential Transition Committee Korea Selatan menyampaikan bahwa terkait dengan pendorong pertumbuhan ekonomi masa depan, pemerintah negara tersebut saat ini terfokus pada chip non memori, mobil masa depan serta biotech dan layanan kesehatan.
 
Sementara itu, pemerintah baru Korea Selatan berencana untuk menambahkan komunikasi 6G, baterai sekunder, layar, pertahanan dan kedirgantaraan, pembangkit listrik tenaga nuklir dan konten digital pada fokusnya.
 
Pemerintah Korea Selatan dilaporkan menargetkan prototipe 6G karyanya telah siap pada tahun 2026 mendatang, sehingga teknologi ini dapat dipersiapkan untuk komersialisasi pada akhir tahun 2020an atau awal tahun 2030an.
 
Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga dilaporkan ingin menyelesaikan prototipe jaringan 6G tersebut sesegera mungkin. Dengan demikian saat ini, pemerintah Korea Selatan memiliki banyak pekerjaan rumah untuk mewujudkan rencananya tersebut.
 
Pada tahun 2021 lalu, Samsung mendemonstrasikan transmisi dengan jarak sejauh 15 meter. Kemudian, LG memperbaiki kemampuan tersebut dan berhasil memancarkan sinyal sejauh 100 meter di antara bangunan.
 
Kedua demonstrasi ini menggunakan sinyal dengan kecepatan di atas 100GHz, secara signifikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan implementasi mmWave yang tersedia di dunia saat ini.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif