Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Kementerian Pertahanan AS Rekrut Bos Taksi Online Buat Garap AI

Teknologi Amerika Serikat Taksi Online kecerdasan buatan Kementerian Pertahanan
Cahyandaru Kuncorojati • 26 April 2022 08:42
Jakarta: Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (DoD) atau yang dikenal juga dengan julukan Pentagon semakin serius untuk mengadopsi teknologi AI (Artificial Intelligence) alias kecerdasan buatan, meskipun diakui mereka masih cukup awam.
 
Hal ini bisa terlihat dari langkah pihak Pentagon untuk merekrut orang pintar di teknologi tersebut yang berasal dari luar militer. Kabarnya, Pentagon menunjuk bos taksi online yaitu eksekutif dari layanan Lyft bernama Craig Martel.
 
Lyft merupakan layanan taksi online (ride hailing) pesaing Uber di Amerika Serikat. Craig Martel sebelumnya menjabat sebagai Head of Machine Learning. Kini Pentagon akan memberikan jabatan sebagai Chief Digital dan Artificial Intelligence Officer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Engadget, kedua pihak memiliki celah dalam pengalaman yang sama. Pentagon selama ini dinilai sangat lambat dalam adopsi AI dan membutuhkan sosok yang secara teknis memiliki kemampuan tersebut.
 
Craig Martell sendiri memiliki titel profesor dari Naval Postgraduate School atau sekolah ilmu pertahanan angkatan laut untuk bidang AI di militer. Namun, dirinya belum pernah bekerja di birokrasi sesuai bidang studinya.
 
“‘Saya pikir Kementerian Pertahanan membutuhkan seseorang dari bidang industri yang memahami AI dan nilai analisis dalam skala dan kecepatan. Hal yang dilakukan di sektor industri sangat cepat, saat sesuatu tidak bekerja maka kita harus mencoba yang lain,” Martell dalam sebuah wawancara. 
 
Hal ini dilakukan berulang hingga bisa, ini yang saya pikir harus diterapkan dan dibutuhkan di Kementerian Pertahanan,” sambungnya, Martel diketahui juga pernah berkontribusi dalam pengembangan AI di layanan cloud Dropbox dan platform LinkedIn.
 
Martell akan bertugas untuk mengembangkan data dan analisis data Kementerian Pertahanan dalam skala besar dan cepat yang bakal mendorong pengambilan keputusan terbaik sekaligus akurat dalam banyak hal.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif