GPU Nvidia H100 arsitektur Hopper.
GPU Nvidia H100 arsitektur Hopper.

GTC 2022, Nvidia Perkenalkan Arsitektur GPU Hopper

Cahyandaru Kuncorojati • 23 Maret 2022 14:28
Jakarta: Rangkaian acara Nvidia GTC 2022 telah berlangsung di kesempatan ini mereka merilis banyak update terbaru terkait inovasi GPU. Kabar terbaru yang tidak terlewat adalah mereka memperkenalkan arsitektur GPU terbarunya yaitu Hpper.
 
Nvidia Hopper menjadi arsitektur GPU generasi terbaru penerus Ampere yang kini usianya genap dua tahun. Arsitektur ini akan hadir pertama kali pada GPU Nvidia H100 yang ditujukan akselerasi komputasi AI terutama di data center, baik on-premiuses, cloud, hybrid cloud, dan edge.
 
Arsitektur Hopper dan GPU Nvidia H100 diproduksi lewat kerja sama dengan TSMC menggunakan teknologi fabrikasi TSMC 4N. GPU Nvidia H100 arsitektur Hopper diklaim menjadi chip paling canggih di dunia dengan memuat 80 miliar transistor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


GPU Nvidia H100 sudah mendukung interface jenis PCIe Gen 5 dan HBM3 yang memungkinkan kapasitas memory bandwidth mencapai 3TB per detik. Arsitektur Nvidia Hopper diklaim menyediakan performa yang lebih mumpuni untuk mendukung kemampuan atau merancang model AI.
 
Saat dikombinasikan dengan platform AI Nvidia maka GPU Nvidia H100 mampu menyediakan dukungan pembuatan model AI secara real-time dengan skala raksasa. Teknologi keduanya memungkinkan chatbot dengan model transformasi bahasa monolithic paling mumpuni di dunia. 
 
GPU Nvidia H100 juga sudah diadopsi ke dalam bentuk sistem Nvidia DGX generasi ke-4 untuk kebutuhan AI yang lebih spesifik. Di setiap DGX H100 akan tersedia delapan GPU H100 yang mampu menyediakan performa AI hingga 32 petaflops.
 
Tidak hanya ditujukan bagi kebutuhan server berskala besar, GPU Nvidia H100 juga akan tersedia dalam form factor XM dan PCIe untuk mendukung lebih banyak desain server. GPU Nvidia H100 dengan arsitektur H100 akan tersedia di pasar pada kuartal ketiga.
 
Nama Hopper terinspirasi dari sosok Grace Brewster Murray Hopper, seorang ilmuwan komputer perempuan Amerika kelahiran tahun 1906 yang merupakan profesor matermatika di Yale University dan pernah memiliki karir di Angkatan Laut Amerika Serikat.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif