Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dampak Positif dan Negatif Internet Terhadap Hubungan Romantis

Teknologi internet cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 07 April 2018 14:26
Jakarta:Ketergantungan pada perangkat mobile dan internet bisa menyebabkan pasangan bertengkar, menurut studi baru dari Kaspersky Lab.
 
Memang, keberadaan perangkat mobile dan internet bisa membantu Anda untuk terhubung dengan orang terkasih, baik keluarga, teman atau kekasih.
 
Namun, penggunaan yang berlebihan justru dapat menyebabkan pertengkaran antara sepasang kekasih. Menurut studi, 55 persen pasangan mengaku bahwa mereka menggunakan perangkat mobile secara berlebihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di satu sisi, perangkat digital bisa membuat satu pasangan saling terhubung dengan satu sama lain meskipun keduanya berada jauh dari satu sama lain.
 
Delapan dari 10 pasangan berusaha untuk terhubung secara online ketika mereka terpisah oleh jarak. Sementara 62 persen pasangan mengaku bahwa menjalin hubungan secara digital membuat mereka merasa lebih dekat dengan satu sama lain.
 
Tidak hanya itu, pasangan yang berbagi aktivitas online -- seperti akun dalam layanan online dan perangkat mobile -- mengaku bahwa hubungan mereka menjadi lebih baik. Setidaknya itulah yang disebutkan oleh 53 persen pasangan responden dari survei Kaspersky.
 
Di sisi lain, penggunaan perangkat mobile yang berlebihan bisa menciptakan pertengkaran. Sebanyak 55 persen orang bisa berdebat dengan pasangan mereka karena mereka menghabiskan waktu terlalu banyak pada perangkat digital. Serangan siber juga bisa menjadi alasan lain pasangan bertengkar.
 
Sebanyak 24 persen pasangan mengaku bertengkar setelah salah satu dari mereka menyebabkan perangkat terinfeksi malware. Sementara itu, 19 persen bertengkar setelah pasangan mereka menjadi korban penipuan online.
 
Pasangan juga bisa bertengkar karena hal-hal kecil. Misalnya, 25 persen pasangan bertengkar karena berebut siapa yang harus menggunakan perangkat, 45 persen bertengkar karena pasangan menggunakan perangkat tapi lupa mengisi baterainya dan 28 persen lainnya bertengkar karena pasangan menghilangkan perangkat.
 
"Kemampuan perangkat digital modern telah menciptakan peluang besar bagi pasangan, memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dan membangun hubungan mereka bahkan ketika mereka tidak bersama-sama", kata Dmitry Aleshin, VP untuk Product Marketing, Kaspersky Lab.
 
“Tapi, ada sisi positif dan negatif yang harus diperhitungkan. Perangkat yang sama yang membantu pasangan untuk mengamankan cinta mereka ketika mereka terpisah, juga dapat menyebabkan argumen ketika mereka digunakan secara tidak bertanggung jawab."
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif