500 laptop ASUS terancam malware. (pexels/tookapic)
500 laptop ASUS terancam malware. (pexels/tookapic)

Update Diretas Malware, 500 Ribu Laptop ASUS Terancam?

Teknologi asus cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 26 Maret 2019 16:22
Jakarta: Perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab menemukan bahwa peretas sudah melakukan pembajakan terhadap update ASUS yang disebut mengancam sekitar 500 ribu laptop ASUS.
 
Dijelaskan Kaspersky Lab bahwa peretas menanamkan malware yang akan memberikan backdoor saat update terpasang di laptop korban. Backdoor akan memberikan kesempatan bagi peretas untuk melakukan serangan dengan malware lainnya.
 
Pihak Kaspersky Lab menyebutkan bahwa kasus ini sudah terjadi di bulan Juni hingga November 2018. Serangan yang memberikan backdoor ini dianggap sangat berbahaya karena bisa mengambil alih penuh kontrol perangkat korbannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam serangan yang dilancarkan, malwre akan mencari sistem atau identitas perangkat korban melalui MAC Address yang dimiliki setiap perangkat. Saat sudah berhasil menemukan informasi MAC Adress, malware akan memberitahukan server peretas bahwa perangkat korban siap dikendalikan.
 
Kaspersky Lab mengklaim mereka sudah memberitahukan ASUS pada Januari 2019 namun saat itu pihak ASUS menyangkalnya. Pihak ASUS tengah melakukan investigasi mendalam.
 
"Untuk issue ini, kita sudah cek ke headquarter. Saat ini merea sedang mendalami kasus tersebut dan mencari solusinya," ungkap Head of Public Relations ASUS Indonesia, Muhammad Firman. Kasus ini sudah diinvestigasi juga oleh ASUS di Indonesia.
 
"Secara pasti belum ada informasi spesifik terkait dampaknya terhadap pengguna notebook ASUS di Indonesia. Kami akan informasikan setelah kami mendapatkan informasi lengkap dari headquarter," imbuhnya.
 
Direktur Kaspersky Global Research & Analysis Team, Costin Raiu menyebutkan bahwa malware ini cukup berbahaya karena bisa menyusup ke dalam sistem tanpa terdeteksi.
 
Pihak Kaspersky Lab menyebut mereka sudah menyediakan sebuah halaman situs untuk memudah proses deteksi apabila MAC Address mereka menjadi target serangan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif