Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ditinggal Softbank, Saham NVIDIA Tumbang

Teknologi nvidia hardware geforce rtx
Cahyandaru Kuncorojati • 07 Februari 2019 15:26
Jakarta: NVIDIA yang beberapa waktu lalu hampir digugat investor karena bisnisnya merugi akibat ambruknya tren uang kripto.
 
Salah satu investor besar, Softbank kemarin melepas seluruh saham di NVIDIA tanpa ada kabar sebelumya. Dikutip dari Tom's Hardware,saham NVIDIA yang dijual oleh Softbank sebesar USD3,63 miliar atau Rp50,7 triliun.
 
Fakta mengenai kabar ini sendiri baru diketahui dari laporan kuartal ketiga Softbank lewat Softbank Vision Fund. Disebutkan bahwa Softbank telah melepas saham NVIDIA pada 10 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dampaknya berimbas ke target pendapatan NVIDIA untuk kuartal keempat nanti. Sebelumnya, NVIDIA telah menyatakan bahwa mereka mengambil keputusan untuk menurunkan target pendapatan di kuartal keempat.
 
Saat itu, NVIDIA menyebutkan bahwa target awal pendapatan mereka di angka USD2,70 atau Rp37,7 triliun, diturunkan menjadi hanya USD2,20 atau sekitar Rp30,7 triliun. Alasannya bisnis di divisi gaming dan data center diprediksi akan lesu.
 
NVIDIA mengakui penjualan kartu grafis berbasis GPU Turing atau keluarga GeForce RTX disebut dibawah dari yang diharapkan. Hal ini karena sebagian besar pasar dan gamer menilai harga produk tersebut sangat mahal, meskipun menjanjikan performa yang meningkat signifikan.
 
Tiongkok juga disebut dalam pernyataan, karena sepinya pasar di negara tersebut sangat berpengaruh terhadap bisnis NVIDIA. Selain NVIDIA, perusahaan lain seperti Apple juga mengakui bisnisnya agak lesu akibat hasil penjualan di Tiongkok.
 
Setelah kabar penjualan seluruh saham Softbank di NVIDIA beredar, dikutip dari CNBC, nilai saham NVIDIA tumbang 14 persen atau senilai lebih dari USD13 miliar (Rp181, 6 triliun).
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif