Google turut meluncurkan versi beta ketiga dari Android Q pada ajang konferensi pengembang I/O 2019.
Google turut meluncurkan versi beta ketiga dari Android Q pada ajang konferensi pengembang I/O 2019.

Google Meluncurkan Android Q Beta 3

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 08 Mei 2019 15:48
Jakarta: Setelah mengumumkan 2,5 miliar perangkat Android aktif pada ajang konferensi pengembang I/O 2019, Google meluncurkan versi beta ketiga dari Android Q. Pada versi ini, pengembang telah mulai dapat menguji aplikasi mereka.
 
Preview yang ditampilkan pada versi ketiga ini termasuk SDK lebih baru dengan sistem gambar untuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3 XL dan Android Emulator resmi. Pengembang yang terdaftar pada program beta dan telah menerima versi beta pertama dan kedua secara otomatis akan menerima versi beta ketiga.
 
Selain itu, VentureBeat turut melaporkan bahwa Google juga mengumumkan kehadiran Android Q Beta 3 di ponsel karya produsen pihak ketiga, menghadirkannya di total 21 perangkat dari 13 merek smartphone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perangkat pihak ketiga tersebut termasuk Asus ZenFone 5Z, Essential Phone, Huawei Mate 20 Pro, LGE G8, Nokia 8.1, Realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Tecno Spark 3 Pro, Vivo Nex S, Vivo Nex A, Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi Mix 3 5G, Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Piixel 2, Google Pixel 2 XL, Google Pixel dan Google Pixel XL.
 
Google meluncurkan Android Q Beta 1 pada bulan Maret da Android Q Beta 2 pada bulan April lalu. Rentang waktu perilisan ini lebih cepat jika dibandingkan dengan perilisan versi beta dari generasi Android sebelumnya, yaitu berjarak tiga pekan.
 
Untuk membantu Google tetap menghadirkan sistem operasi versi beta, pengembang dapat mengirimkan kembali umpan balik, serta mengirimkan permasalahan yang ditemukan pada platform karyanya, seperti menyoal kompatibilitas, dan SDK pihak ketiga.
 
Versi beta 1 menghadirkan fitur keamanan dan privasi tambahan, peningkatan untuk perangkat lipat, API konektivitas baru, kode media baru dan kapabilitas kamera, ekstensi NNAPI, dukungan untuk Vulkan 1.1, dan kemampuan pemuatan aplikasi lebih cepat.
 
Pada versi beta 2, Google menambahkan Bubbles multitasking, emulator lipat dan API MicrophoneDirection baru. Sementara itu, pada versi Beta 3, Google menghadirkan sekitar 50 fitur dan perbaikan terkait dengan privasi pengguna dan keamanan.
 
Pada versi beta baru ini, Google menekan bahea Android Q terfokus pada inovasi, keamanan dan privasi, serta kesehatan digital atau Digital Well-Being. Google turut menyebut bahwa Android Q merupakan sistem operasi pertama yang mendukung jaringan 5G.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif