Potongan video teaser NVIDIA.
Potongan video teaser NVIDIA.

Sebar Video Misterius, NVIDIA Siapkan Produk 'Super'

Teknologi nvidia hardware geforce rtx vga
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Mei 2019 15:23
Jakarta: Jelang berlangsungnya salah satu pameran teknologi tahunan terbesar di Taipei yaitu Computex 2019, NVIDIA menyebarkan sebuah video misterius yang juga diunggah ke akun YouTube mereka. Computex 2019 sendiri bakal berlangsung pada 28 Mei hingga 1 Juni 2019.
 
Dalam video yang berdurasi singkat, NVIDIA menyorot sebuah grafir bertuliskan "Super" dan tanpa keterangan apapun di kahir video. Dikutip dari berbagai sumber, gaya video ini sama seperti saat NVIDIA memberikan video teaser kartu grafis seri RTX jelang peluncuran.
 
Namun, sejauh ini NVIDIA tidak dirumorkan berencana merilis produk apapun. Seluruh jajaran kartu grafis NVIDIA seri RTX sudah keluar beberapa bulan lalu. Selain itu, kartu grafis seri GTX terbaru yang berbasis GPU Turing seperti di seri RTX juga sudah diperkenalkan lengkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari investigasi Medcom.id, ditemukan rumor bahwa NVIDIA hanya akan melakukan sebuah peningkatan saja pada seri kartu grafis mereka yang telah dirilis, dikutip dari Engadget.
 
Dirumorkan NVIDIA akan menaikkan memory clock dari 14Gbps menjadi 16Gbps pada jajaran seri RTX. Kemungkinan NVIDIA bermaksud merilis varian terbaru dari seri RTX yang sudah ada, peningkatan ini akan memberikan kecepatan memori yang lebih tinggi.
 
Apabila dugaan sementara benar, diskusi selanjutnya adalah soal harga. Kartu grafis dengan embel "Super" ini akan ditaruh di atas posisi seri Ti atau sekadar pembaruan dari produk yang sudah ada di pasar.
 
Seperti yang diketahui, seri RTX banyak dikeluhkan karena harga yang tinggi dan ketersediaan yang minim di pasar. AMD sendiri rencananya bakal merilis kartu grafis terbaru di Computex 2019, kemungkinan juga NVIDIA menyiapkan pesaing untuk produk AMD.
 
AMD disebut menyiapkan pesain NVIDIA RTX 2080 yang akan diperkenalkan pada Computex 2019. Produk ini dirumorkan bernama AMD Navi RX 3080. GPU yang digunakan sudah mengadopsi fabrikasi 7nm dan memiliki VRAM 8GB .
 
Banyak pihak yang memprediksi spesifikasi lengkapnya justru akan menyoba menyalip NVIDIA RTX 2070. Melihat hal ini maka bisa dibilang persaingan di industri kartu grafis atau VGA akan kembali memanas seperti beberapa bulan lalu saat NVIDIA merilis begitu banyak seri baru.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif