Airome Technologies ingin bantu perusahaan perbankan menghadirkan keamanan transaksi digital lebih baik.
Airome Technologies ingin bantu perusahaan perbankan menghadirkan keamanan transaksi digital lebih baik.

Strategi Airome Technologies Bantu Amankan Transaksi Digital

Teknologi teknologi cyber security corporate transformasi digital
Lufthi Anggraeni • 07 November 2019 17:34
Jakarta: Kemajuan digital mendorong sejumlah bank menghadirkan layanan melalui aplikasi di smartphone, mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Namun kemajuan digital ini juga dihantui oleh keamanan yang semakin rentan.
 
Terlebih pada industri perbankan yang hingga saat ini masih menjadi industri dengan kerentanan terkait keamanan paling tinggi. Sebab industri perbankan menjadi industri dengan kerugian terbesar saat mengalami permasalahan terkait keamanan.
 
Indonesia yang tengah mengalami pertumbuhan digital pesat, terlebih dengan dukungan pemerintah, menjadi salah satu pasar dengan potensi keamanan menyoal perbankan yang juga terus meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini dilihat Airome Technologies sebagai salah satu peluang untuk melebarkan sayapnya di pasar Asia, termasuk Asia Tenggara. Dengan software keamanan, Airome Technologies menawarkan dukungan integrasi proses antara mobile banking dan pembayaran via dompet digital atau e-wallet.
 
Melalui produk bertajuk PayConfirm, Airome Technologies menghilangkan keterlibatan pihak ketiga dalam proses transaksi via mobile banking atau layanan perbankan digital lainnya. Sebagai informasi, umumnya transaksi via digital melibatkan operator seluler sebagai perantara pengiriman One Time Password (OTP) via SMS sebagai alat konfirmasi.
 
Security dan convenience jadi tantangan di bisnis perbankan digital di dunia. Kami tak setuju dengan istilah ini. Kami ingin tegaskan bahwa bisnis ini bisa lebih secure dan convenience, sehingga lebih cost effective,” Co-founder dan CEO Airome Technologies Denis Kalemberg.
 
Penggunaan OTP dinilai Airome Technologies tidak lagi menjamin keamanan transaksi nasabah, sebab metode ini memiliki celah yang memungkinkan pihak tidak bertanggungjawab menyintas pengiriman OTP.
 
Sehingga, pelaku tindak kejahatan ini dapat mengonfirmasi transaksi yang dilakukannya pada akun perbankan curian tanpa diketahui oleh nasabah yang sah. Teknologi PayConfirm yang ditawarkannya turut memanfaatkan metode konfirmasi via biometrik, guna menjamin bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh nasabah yang sah.
 
Produk yang ditawarkan Airome Technologies ini lebih ditujukan untuk perusahaan di bidang perbankan, seperti bank dan fintech, berupa software yang diintegrasikan pada server milik perusahaan perbankan ini.
 
Dengan software ini, perusahaan perbankan berkemampuan untuk mengubah antarmuka pengguna serta tampilan kosmetik dengan milik mereka. Sehingga di sisi konsumen, lanjut Kalemberg, mereka hanya akan menikmati pengalaman transaksi menyenangkan dan aman.
 
Baru merambah pasar Asia Tenggara pada awal tahun 2019 ini, Airome Technologies mengaku optimis teknologinya dapat diterima baik oleh perusahaan perbankan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
 
Optimisme Airome Technologies ini diklaim Kalemberg karena perusahaannya telah memiliki pengalaman bekerja sama dengan 70 bank di Rusia, beberapa di antaranya masuk ke daftar 10 besar bank terbaik di Rusia.
 
Airome Technologies juga optimis dapat mengulang kisah suksesnya di Rusia pada pasar Indonesia dalam kurun waktu dua tahun. Untuk saat ini, Airome Technologies tengah melakukan penjajakan dengan tiga bank besar di Indonesia, meski masih enggan menyebutkan nama bank tersebut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif