Meta menguji fitur verifikasi usia untuk layanan Facebook Dating di wilayah Amerika Serikat.
Meta menguji fitur verifikasi usia untuk layanan Facebook Dating di wilayah Amerika Serikat.

Facebook Dating Tambahkan Verifikasi Usia

Lufthi Anggraeni • 06 Desember 2022 16:16
Jakarta: Tiga tahun setelah merilis Facebook Dating ke pasar Amerika Serikat, Meta akhirnya menambahkan cara baru bagi pengguna untuk melakukan verifikasi usia. Meta mulai menguji fitur verifikasi usia di Instagram pada musim panas lalu.
 
Mengutip Engadget, Meta kembali bekerja sama dengan perusahaan bernama Yoti untuk membantu terkait fitur ini. Sistem terotomatisasi Facebook berkemampuan untuk mencurigai anak di bawah umur mencoba menggunakan layanan Facebook Dating.
 
Saat hal tersebut terjadi, situs akan meminta individual tersebut untuk menyediakan lebih banyak informasi. Pengguna dapat membuktikan bahwa mereka sudah cukup dewasa untuk menggunakan layanan tersebut dengan mengirimkan salinan dari foto kartu identitas atau video diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait video diri, Meta mengklaim hanya akan membagikan video tidak bergerak kepada Yoti dan tidak kepada pihak lain. Algoritma Machine Learning Yoti akan memprediksi usia berdasarkan bentuk dan karakter wajah.
 
Setelah membagikan estimasi usia pengguna dengan Meta, Yoti akan menghapus gambar. Sebagai informasi, teknologi Yoti kontroversial untuk sejumlah alasan, salah satunya, seperti jaringan neural lain, kontroversi ini terkait dengan kotak hitam.
 
Yoti menyebut pihaknya tidak mengetahui secara pasti karakteristik wajah yang digunakan software karyanya untuk melakukan penilaian. AI tersebut juga diperkirakan kurang tepat dalam memperkirakan usia seseorang bergantung pada jenis kelamin dan warna kulit.
 
Secara umum, sistem ini paling tidak akurat saat memeriksa wajah perempuan dengan warna kulit gelap dan paling akurat saat memeriksa laki-laki berwarna kulit terang. Namun, Meta mengklaim pihaknya menemukan lebih banyak kisah sukses saat menggunakan software Yoti.
 
Sebagai contoh di Instagram, Meta menyebut bahwa teknologi ini telah menghentikan sebanyak 96 persen remaja yang berusaha mengubah tanggal lahir mereka agar terlihat sebagai pengguna berusia di atas 18 tahun.
 
Dalam hal Facebook Dating, salah satu contoh kekhawatiran yang dimiliki pengguna lebih menitikberatkan bahwa teknologi ini akan digunakan untuk melindungi anak di bawah umur dari pemangsa online.
 
Fitur verifikasi usia Facebook Dating saat ini hanya tersedia di wilayah Amerika Serikat. Meta menyebut akan menghadirkan fitur ini ke lebih banyak negara setelah melakukan pengujian secara lebih intensif.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif