Huawei menegaskan bahwa konektivitas menunjang inklusi dan transformasi digital berbagai negara.
Huawei menegaskan bahwa konektivitas menunjang inklusi dan transformasi digital berbagai negara.

Konektivitas Tunjang Inklusi dan Transformasi Digital

Lufthi Anggraeni • 25 November 2022 09:22
Jakarta: Konektivitas jaringan menjadi salah satu faktor penunjang inklusi dan transformasi digital berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Chairman of Huawei Liang Hua.
 
“Indonesia merupakan negara besar dengan ribuan pulau yang membutuhkan infrastruktur merata untuk konektivitas, yang penting bagi transformasi digital. Sehingga kita bisa meraih dampak digital di ekonomi digital,” ujar Hua.
 
Hua menambahkan bahwa dampak ini dapat diraih oleh banyak negara dengan integrasi, mengandalkan konvergensi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), 5G, cloud, dan lainnya. Integrasi teknologi ini, lanjut Hua, dapat dimanfaatkan di berbagai sektor industri, salah satunya adalah agrikultural.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Liang Hua turut menegaskan bahwa konektivitas lebih luas dan pengaplikasian teknologi tidak terlepas dari talenta digital. Pengembangan digital menjadi sektor penting untuk didorong melalui edukasi dan literasi digital.
 
Edukasi dan literasi digital tersebut diharapkan Huawei dapat membantu ekonomi digital dengan talenta berkemampuan digital sehingga dapat berkontribusi untuk banyak pihak dan ekonomi nasional.
 
Pernyataan serupa juga disampaikan Vice President Public Affairs and Communication Department Huawei Asia Pacific Jun Zhang, menyebut bahwa dalam 30 tahun terakhir, kapasitas jaringan nirkabel telah berkembang 10.000 kali lipat.
 
Sayangnya, lanjut Zhang, kesenjangan digital kian kentara, karena masih banyak pihak yang tidak dapat menggunakan jaringan seluler dasar di daerah terpencil di Indonesia. Kesenjangan digital ini juga menjadi tantangan kritis bagi setiap negara.
 
Dengan hampir 3 miliar, atau 37 persen populasi dunia, belum memiliki akses ke internet, Huawei menegaskan komitmennya untuk menghadirkan digital ke semua pihak sehingga dunia sepenuhnya terhubung dan cerdas.
 
Selain itu, Huawei juga merilis film dokumenter berjudul Connecting the Island, mengabadikan sejumlah cerita lokal terkait transformasi digital, dan diluncurkan pada perhelatan CSD Forum 2022 yang mengusung tema Connectivity+: Innovate for Impact.
 
Film ini menampilkan kisah pribadi penduduk berbagai desa dan menceritakan soal konektivitas yang mengubah hidup mereka menjadi lebih baik serta menciptakan dan memberikan lebih banyak warna dalam kehidupan mereka.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif