“Momen 12.12 tahun lalu menjadi babak baru bagi kedua Tokopedia dan TikTok yang berkolaborasi via ShopTokopedia dan meluncurkan kampanye Beli Lokal,” ujar Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok Ecommerce Melissa Siska Juminto.
Tokopedia dan TikTok juga mencatat rata-rata kenaikan jumlah transaksi sejumlah pelaku usaha yang bergabung di kampanye Beli Lokal selama tiga bulan pertama mencapai hampir 20 kali lipat. TikTok Shop Tokopedia juga menyediakan program Promo Guncang setiap tanggal kembar, termasuk 12.12.
Promosi disebut mampu meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 115 persen. Selain itu, Associate Vice President of Public Policy and Government Relations Tokopedia and TikTok E-commerce Muhammad Hilmi Adrianto menyampaikan perusahaan juga mencatatkan lebih dari delapan juta kreator konten mendapatkan penghasilan dari Shop Tokopedia.
Kreator konten atau juga disebut sebagai Affiliator dijelaskan Hilmi berperan penting untuk mempromosikan produk. Tokopedia dan TikTok juga menyebut bahwa UMKM banyak yang kesulitan menjual produk saat pertama kali bergabung, dan affiliator bisa menjadi ladang pekerjaan baru.
Tokopedia dan TikTok menegaskan pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir tujuh kali lipat jika dibandingkan yang tidak melakukan live shopping.
Tokopedia dan TikTok menjabarkan bahwa nilai transaksi di ShopTokopedia via fitur Live Shopping di TikTok selama Promo Guncang 11.11 mengalami peningkatan sebesar 26 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.
Affiliator dan live shopping dinilai Tokopedia dan TikTok akan tetap menjadi peluang pada tahun 2025 mendatang. Selain itu, Tokopedia dan TikTok juga mengungkapkan daftar produk terlaris selama tahun 2024 di TikTok Shop Tokopedia.
Selama periode dari bulan Januari hingga bulan November 2024, daftar produk terlaris di Tokopedia di antaranya yaitu makanan dan minuman, kesehatan, kecantikan, handphone dan tablet, serta otomotif.
Sedangkan di ShopTokopedia, daftar produk terlaris selama periode dari bulan Januari hingga bulan November 2024 di antaranya yaitu kecantikan dan perawatan tubuh, fesyen perempuan, fesyen muslim, fesyen laki-laki, dan perlengkapan rumah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News