Apple keberatan dengan tarif ke barang impor dari Tiongkok. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Eric Thayer)
Apple keberatan dengan tarif ke barang impor dari Tiongkok. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Eric Thayer)

AS Kenakan Tarif ke Barang Impor Tiongkok, Apple Keberatan

Teknologi apple
Ellavie Ichlasa Amalia • 21 Juni 2019 10:38
Jakarta:Apple berkata, keputusan pemerintah Amerika Serikat untuk mengenakan tarif pada barang impor dari Tiongkok dapat membuat pendapatan mereka menurun.
 
Tidak hanya itu, perusahaan pembuat iPhone itu juga merasa, keberadaan tarif itu akan merugikan mereka, mempersulit mereka untuk bersaing dengan perusahaan lain dalam kancah global, lapor The Verge.
 
Dalam surat kepada juru bicara US Trade, Robert Lighthizer, Apple berargumen bahwa tarif yang hendak diimplementasikan akan memengaruhi hampir semua perangkat buatan Apple, termasuk iPhone, MacBook, AirPod, dan Apple Watch. Ini akan memberikan dampak buruk pada pekerja Apple di AS dan membuat kontribusinya pada ekonomi AS turun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga sekarang, Apple biasanya tidak membahas langsung tentang tarif yang akan pemerintah AS kenakan, meski sebagian bsear proses manufaktur produk mereka dilakukan di Tiongkok. Tarif yang dikenakan AS sebelum ini tidak memengaruhi produk utama Apple, seperti iPhone dan Apple Watch, walau kebijakan itu mememiliki dampak pada adapter, charger, dan kabel.
 
Pada Mei, pemerintah AS mengumumkan bahwa tarif impor dari Tiongkok akan dikenakan ke lebih banyak produk. Produk yang sebelum itu tidak terpengaruh, kini juga terkena dampaknya, seperti komputer, smartphone, dan TV.
 
Perusahaan manufaktur laptop lain seperti Dell, HP, Intel, dan Microsoft juga menuliskan surat pada pemerintah AS, menyatakan keberatan mereka. "Tarif ini akan menghambat perusahaan teknologi besar AS, mempersulit mereka untuk berinovasi dan bersaing di pasar global," kata para perusahaan itu.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif