Drone DJI Mavic Mini.
Drone DJI Mavic Mini.

DJI Siapkan Aplikasi Pendeteksi dan Pengenal Drone

Teknologi teknologi drone dji
Cahyandaru Kuncorojati • 18 November 2019 08:45
Jakarta: Penguasa pasar drone DJI dilaporkan menyiapkan aplikasi canggih. Aplikasi tersebut dalam pengujian mampu mengenali semua drone yang terbang dalam radius satu kilometer hanya melalui smartphone.
 
Jadi pengguna aplikasi bisa mengenali identitas dari drone,termasuk pemiliknya. Dalam sebuah konferensi drone,pihak DJI menyatakan bahwa aplikasi ini bukan untuk menguntit, melainkan digunakan oleh kepolisian atau penegak hukum lainnya.
 
Dikutip dari The Verge, DJI inigin mendorong transparansi dan keamanan dalam industri drone. Di luar negeri, izin menerbangkan drone sudah snagat ketat dan harus didaftarkan. Jadi apabila drone melanggar aturan, pemiliknya bisa ditelusuri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebutuhan teknologi identifikasi drone dilihat pihak DJI semakin serius. Hampir setiap hari dilaporkan ada gangguan fasilitas umum, terutama penerbangan di bandara yang diakibatkan drone terbang melintasi landasan pacu.
 
Posisi DJI cukup tersudut, mengingat perusahaannya saat ini menjadi penguasa pasar drone. Di satu sisi banyak pihak menilai cara ini untuk membuat nama DJI cukup dipercaya di pemerintahaan Amerika Serikat, apalagi perusahaan tersebut berasal dari Tiongkok.
 
Di pertengahan tahun ini, nama DJI sempat dicatut oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) Amerika Serikat. Perusahaan tersebut dalam investigasi terkait asal negaranya sama seperti Huawei.
 
Pemerintahan Donald Trump mencemaskan drone tersebut menjadi alat spionase Tiongkok dengan mencuri data penggunanya. Misalnya video yang terekam atau dituduh bisa mengintai fasilitas penting di Amerika Serikat. Pihak DJI sendiri pernah merespons dengan menyatakan produknya sudah diverifikasi.
 
Aplikasi yang akan dirilis DJI juga bisa membaca kesepatan atau performa keseluruhan dari drone yang sedang terbang. Aplikasi ini akan dirilis pada 2020. Tahun 2017 DJI juga sudah merilis alat khusus dengan fungsi serupa yang transmisinya bisa mencapai belasan kilometer.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif