Penandatanganan kesepakatan kemitraan XL Axiata dan Huawei untuk dukungan jaringan 5G di Indonesia.
Penandatanganan kesepakatan kemitraan XL Axiata dan Huawei untuk dukungan jaringan 5G di Indonesia.

Huawei Dipilih XL Siapkan Dukungan Jaringan 5G

Teknologi xl huawei telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Oktober 2019 10:10
Jakarta:Huawei mengumumkan bahwa operator seluler XL Axiata memilih mereka untuk mempersiapkan jaringan 5G di Indonesia. Hal ini ditandai dengan penandatangan kesepakatan oleh Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dan CEO Huawei Indonesia, Jacky Chen.
 
Keduanya bertemu langsung di kantor pusat Huawei di Bantian, Shenzen, Tiongkok. Keduanya menyatakan komitmen bersama mempersiapkan teknologi next generation Core Network dan disaksikan oleh President of Asia Pacific Huawei, Tian Feng.
 
Core Network dijelaskan Huawei memiliki peran yang sangat esensial dalam mendukung dihadirkannya layanan-layanan tersebut. Nantinya Core Network 5G bisa bersifat upgradable berbasis cloud dan serta tervirtualisasi. Bagi XL Axiata terknologi ini mendukung mereka dalam mengelola lalu lintas di jaringan 2G, 3G, dan 4G dengan satu core network.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia, saat ini tengah berada di masa transisi menuju era digital. Kami melihat tingginya pertumbuhan kebutuhan data, baik di pulau Jawa maupun di luar area tersebut. Selama dua tahun ini, XL Axiata menjadi operator dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dan dianggap sebagai penyedia layanan yang paling disukai oleh pelanggan," klaim Dian.
 
"Kami melihat bahwa saat ini Huawei merupakan salah satu perusahaan teknologi terdepan di kancah 5G. Terlebih, kemitraan yang kami jalin bersama Huawei sudah berlangsung cukup lama, bahkan sejak dimulainya era jaringan 2G," jelas Dian.
 
Menambahkan pernyataan Dian, Chen menyatakan bahwa kerja sama Huawei dan XL bukan baru kali ini. Dia mengakui kedua perusahaan telah menjalin kerja sama selama 15 tahun belakangan.
 
"Di lain pihak, sebagai wujud komitmennya yang tinggi, Huawei telah tumbuh menjadi sebuah entitas lokal dengan 82 persen tenaga kerjanya diisi oleh talenta-talenta lokal. Kami yakin bahwa dengan didukung oleh infrastruktur digital yang canggih, Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang diidamkan," beber Chen.
 
Diketahui XL Axiata sempat melakukan uji coba jaringan 5G pada tahun lalu, saat itu operator seluler ini menggandeng perusahaan Siemens.
 
Di bulan Februari 2019, XL Axiata dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman untuk membangun jaringan transport siap 5G tersimplifikasi yang pertama di Asia Tenggara.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif