Staf Khusus Menkominfo bidang Ekonomi Digital Lis Sutijati (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
Staf Khusus Menkominfo bidang Ekonomi Digital Lis Sutijati (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Digelar di 10 Kota

Teknologi startup Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Gervin Nathaniel Purba • 19 Agustus 2019 16:56
Jakarta: Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dinilai sebagai wadah untuk menampung berbagai ide dan mengembangkannya untuk menjawab berbagai solusi permasalahan di masyarakat. Program ini merupakan langkah pemerintah untuk membantu startup lebih berkembang lagi.
 
"Gunakan kesempatan ini untuk menyelesaikan permasalahan," ujar Staf Khusus Menkominfo bidang Ekonomi Digital Lis Sutjiati, saat menjadi pembicara dalam rangkaian peluncuran program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Agustus 2019. 
 
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Acara ini mengusung tagline Ignite The Nation, program ini disebut sebagai perayaan bangsa bagi digital milenial Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peluncuran program ini juga diselenggarakan di 10 kota. Sebab, setiap kota memiliki berbagai potensi bisnis yang bisa dikembangkan. 
 
Dalam program ini, setiap orang akan mendapatkan bimbingan langsung untuk mengusung ide, konsep bisnis, hingga pembentukan PT. Ada beberapa proses yang dilewati, di antaranya ignite, workshop, dan konsultasi tatap muka.
 
"Selain itu, kami juga ingin membangun ekosistem impian," kata Lis. 
 
Menurut Lis hingga saat ini, terdapat lebih dari 10 ribu peserta yang mendaftar, melampaui target awal seribu peserta.
 
Lis berharap, para peserta tidak mudah menyerah dan terus berjuang dalam merealisasikan mimpinya. 
 
"Yang menjadi pahlawan dalam program ini ialah mereka yang tetap bertahan. Thomas Alfa Edison saja baru menemukan bola lampu di percobaan ke-1000. Apa jadinya jika dia menyerah pada percobaan ke-999 kali. Kita tidak bisa menggunakan lampu sekarang pada malam hari," ujar Lis.
 
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diluncurkan secara resmi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Agustus 2019. Program ini menghadirkan pembicara dari pemerintah untuk menerangkan dukungan regulasi dan pelaku startup untuk memberikan inspirasi.
 
Mereka adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf. 
 
Turut hadir pendiri sekaligus CEO Traveloka Ferry Unardi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, CEO Bukalapak Achmad Zacky, Pengusaha Erick Thohir, Komisaris Utama PT Net Mediatama (NET TV) Wishnutama, Staf Khusus Menkominfo bidang Ekonomi Digital Lis Sutjiati, CEO Reblood Leonika Sari, dan Pembuat Aplikasi Difodeaf Anjas Pramono.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif