“Jadi tidak tepat adanya pemberitaan bahwa Telkom tidak melayani permintaan masyarakat atas telepon dasar,” kata Dian Rachmawan, Direktur Consumer Telkom, dalam keterangannya kepada medcom.id, Jumat (5/2/2016).
Beberapa hari lalu, dari halaman FAQ situs resmi IndiHome, diketahui bahwa IndiHome menetapkan sebuah peraturan yang memungkinkan Telkom untuk mencabut layanan telepon saat pelanggan IndiHome berhenti berlangganan.
Mengenai hal ini, kemarin, Kamis (5/2/2016), pihak Telkom lalu menemui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) untuk memberikan penjelasan dan melakukan diskusi terkait hal tersebut.
Dalam pertemuan tersebut, Telkom menjelaskan, pada umumnya, pelanggan IndiHome dilayani dengan fiber optic untuk menjamin kecepatan. Cara layanan telepon disalurkan dalam jaringan fiber adalah dengan melalui layanan data internet.
"Voice over Internet, jadi bila layanan IndiHome dihentikan, secara otomatis, layanan teleponnya juga berhenti," kata Dian.
Telkom juga melakukan migrasi Sentral Telepon Digital ke Softswitch IMS (IP Multimedia Subsystem) karena tren teknologi di seluruh dunia sudah bergeser. “Teknologi lama sudah tidak lagi diguanakan. Apabila hanya satu play telephony, maka secara ekonomis, menjadi lebih mahal ketimbang tripleplay," katanya.
Dian mengatakan, banyak pelanggan yang belum mendapatkan penjelasan yang jelas dan memadai tentang manfaat layanan tripleplay.
"Kami akan memperbaiki cara menjual layanan IndiHome ke pasar," tutup Dian.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News