Galeri NFT Superlative Secret Society di rangkaian acara Urban Sneaker Society 2021.
Galeri NFT Superlative Secret Society di rangkaian acara Urban Sneaker Society 2021.

Superlative Secret Society Dukung Implementasi NFT di Karya Seniman Lokal

Teknologi teknologi cryptocurrency
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Desember 2021 16:35
Jakarta: Kepopuleran NFT atau Non-Fungible Token di tengah tren cryptocurrency atau aset kripto di dunia diakui dapat membantu konten kreator terutama seniman memperoleh peluang pendapatan baru.
 
Secara teknis, NFT adalah aset digital yang menggambarkan obyek asli seperti karya seni atau karakter yang terdapat pada game dan video.
 
Dalam bahasa sederhana, NFT mengubah aset digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi, transaksi jual beli aset digital melalui NFT menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency), yang pada akhirnya tetap bisa dikonversi menjadi mata uang konvensional. Setiap karya seni hanya ada satu NFT dan hal itu ditunjukkan lewat kode identitas yang unik.
 
Cara kerja tersebut membuat NFT bisa difungsikan sebagai penanda orisinalitas dari sebuah karya. NFT juga membantu mereka untuk mendapatkan uang.
 
Sayangnya, karya seniman di Indonesia justru kerap dipandang sebelah mata, karya terbaik mereka kerap keburu dibajak atau diduplikasi.
 
Hal ini yang mendorong Superlative Secret Society (SuperlativeSS) sebagai pendatang baru di dunia cryptocurrency Indonesia hadir menawarkan dukungan implementasi NFT pada karya seniman lokal.
 
CEO & Founder Superlative Secret Society Prasetyo Budiman mengungkapkan, Indonesia sebenarnya memiliki potensi besar dalam melahirkan karya-karya seni, bahkan diminati mancanegara. 
 
“Kita itu mulai penjualan aset digital besar-besaran pada 22 September 2021. SuperlativeSS itu 100 persen buatan anak bangsa, founder-nya ada empat. Mulai dari artist, developer program, hingga community manager itu semua anak muda Indonesia," ujarnya.
 
Prasetyo menambahkan, kebanyakan aset digital yang dipajang SuperlativeSS dipasarkan melalui platform Opensea.io yang saat ini termasuk salah satu marketplace NFT terbesar di dunia. Dia mengklaim semua artwork yang dijual sudah laku dalam waktu cepat.
 
Meskipun baru berdiri dalam hitungan bulan, SuperlativeSS telah berkembang menjadi komunitas yang besar. Di platform Twitter, pengelola NFT asli Indonesia ini sudah punya lebih dari 36 ribu pengikut. Sayangnya, para kolektor yang berada di komunitas NFT ini masih didominasi oleh orang dari luar negeri.
 
Superlative Secret Society hadir pada di rangkaian Urban Sneaker Society 2021 pada tanggal 2-5 Desember kemarin sebagai bagian edukasi tren NFT kepada para pengunjung termasuk memperkenalkan galeri NFT pertama di Indonesia yang dibangun pada kawasan Legian, Bali.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif