Secara pribadi, Tom melihat Indonesia merupakan sebuah kawasan yang penuh dengan potensi, dan jika terdapat sebuah pihak yang berhasil memanfaatkan potensi tersebut, maka Indonesia akan menjadi salah satu negara yang bisa menarik banyak perhatian dari berbagai sektor bisnis. Hal tersebut disampaikan oleh Tom bahwa banyak perkembangan sektor bisnis di Indonesia yang berkembang dengan sangat cepat.
“Pasar di Indonesia menurut saya sangat penting bagi Akamai, secara singkat memang pasar pada kawasan ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan juga transformasi digital di Indonesia juga menjadi salah satu yang menarik perhatian banyak industri,” jelas Tom terkait pasar di Indonesia.
“Hadirnya Akamai juga bisa membantu semua konsumen kami, mulai dari sektor finansial, media, commerce, dan lain sebagainya. Saya bisa mengatakan bahwa Akamai memang hadir untuk memberikan keamanan kepada konsumen kami, sehingga terdapat sebuah perlindungan ekstra dalam segi kredensial,” lanjutnya.
Baca Juga: Bot Pegang 42% Lalu Lintas Web; Hampir Dua Pertiganya Berbahaya
Pasar di Indonesia yang terus berkembang di saat yang sama menjadi tantangan baru untuk Akamai. Keamanan siber yang dihadirkan harus semakin meningkat dan aman untuk para konsumennya, sehingga dengan meningkatkan kualitas Akamai di Indonesia bisa semakin memberikan kepercayaan dari para konsumen kepada Akamai.
Keamanan siber merupakan area yang sangat menantang dengan berbagai jenis serangan dari organisasi kriminal, negara, dan kelompok dengan agenda politik. Akamai menyediakan solusi untuk mencegah kerusakan dari serangan tersebut, termasuk serangan ransomware dan eksfiltrasi data. Akamai juga melindungi pengguna dari serangan phishing dan malware yang dapat diunduh tanpa disadari oleh pengguna atau perusahaan.
“Jika membahas tentang serangan, dan penyerang (hacker) berhasil mencuri kredensial, maka Akamai datang untuk menjaga semua uang yang konsumen simpan. Itulah cara Akamai bekerja, untuk memberikan perlindungan ekstra terkait aspek-aspek tertentu,” ucap Tom.
“Asia adalah salah satu wilayah terbesar dan tercepat pertumbuhannya bagi Akamai secara global. Inovasi di Asia, kewirausahaan di sini, dan munculnya teknologi-teknologi baru, ide-ide baru, yang memberi kami kesempatan untuk berinovasi dengan pelanggan dan mitra kami. Kami memiliki investasi yang signifikan di Asia. Kami beroperasi di 14 negara di sini,” jelas Parimal Pandya, Akamai Director Asia Pacific and Japan.
“Indonesia adalah salah satunya. Dan kami memiliki sumber daya yang penting, sumber daya manusia, infrastruktur, dan kemitraan, serta pelanggan di semua 14 pasar tersebut. Mengenai Indonesia, kami sangat bersemangat dengan pasar ini karena semua alasan yang disebutkan oleh Tom,” tutupnya.
Bisa disimpulkan bahwa Akamai memang memiliki komitmen tersendiri untuk kemajuan dan perkembangan pasar di Indonesia. Akamai berkomitmen untuk memberdayakan bisnis dan individu di Indonesia dengan teknologi terbarunya.
Akamai bekerja dengan berbagai perusahaan besar di dunia, termasuk perusahaan di Indonesia, untuk memberikan pengalaman digital yang lebih baik, aplikasi yang lebih cepat, lebih andal, dan lebih aman. Teknologi yang disediakan oleh Akamai mencakup layanan keamanan web, firewall aplikasi web, dan perlindungan akun bank.
Sedangkan untuk strateginya sendiri, Akamai menyelaraskan strategi pertumbuhan globalnya dengan dinamika pasar Indonesia yang berkembang pesat dan mengalami digitalisasi cepat. Mereka bekerja sama dengan berbagai lembaga besar di Indonesia, seperti sektor keuangan, media, dan perdagangan. Akamai juga meningkatkan investasi di Indonesia melalui peningkatan jumlah tenaga kerja dan infrastruktur. (Christopher Louis)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News