Protes Terhadap AS, Warga Turki Hancurkan iPhone

Cahyandaru Kuncorojati 21 Agustus 2018 13:06 WIB
appleturki
Protes Terhadap AS, Warga Turki Hancurkan iPhone
Ilustrasi.
Jakarta: Turki dan Amerika Serikat diketahui tengah berseteru termausk dalam perkeonomian dan perdagangan. Turki mengambil balasan atas desakan sanksi dagang Amerika Serikat dengan memblokir produk Amerika Serikat salah satunya iPhone.

Kini di medial sosial tengah viral konten uanggahan warga Turki yang memperlihatkan mereka merusak iPhone dengan beragam cara salah satunya yang kerap dijumpai adalah memukulnya dengan palu atau batu dan membantingnya.

Diikutip dari Business Insider, tren ini mulai berkembang pada 15 Agustus 2018 saat beredar video seorang pria menghancurkan lima buah iPhone yang tidak diketahui jenisnya menggunakan palu yang biasa digunakan oleh pekerja bangunan.
 
Dalam video tersebut pria itu menjelaskan, mereka melakukannya sebagai rasa marah atas sikap Amerika Serikat kepada Turki serta dukungan untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
 
Di video lainnya yang berupa kompilasi video diperlihatkan seorang warga Turki menghancurkan iPhone di tepi jalan menggunakan batu. Ada yang menghancurkannya dengan palu serta batu, bahkan berusaha membakar iPhone di api yang berkobar.
 
Pada unggahan lainnya diperlihatkan seorang pengacara Turki bernama Cemal Enginyurt dari Nasionalist Movemnet Party diperlihatkan baru saja membeli sebuah smartphone Samsung dan membuang iPhone miliknya ke lantai dan menghancurkannya.




Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidatonya memerintahkan bahwa untuk mengatasi pemblokiran iPhone buatan Apple maka warga Turki diminta membeli smartphone lokal Turki merek Vestel Venus, atau setidaknya membeli smartphone buatan Korea seperti Samsung dan LG.
 
Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Apple atas langkah Amerika Serikat yang berimbas kepada pemblokiran produk mereka beredar di kawasan Turki.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.