Facebook membantah Mark Zuckerberg memaksa pegawai dan eksekutif menggunakan perangkat Android.
Facebook membantah Mark Zuckerberg memaksa pegawai dan eksekutif menggunakan perangkat Android.

Facebook Bantah Soal Pemaksaan Penggunaan Android

Teknologi facebook
Lufthi Anggraeni • 16 November 2018 09:08
Jakarta: Facebook mengumumkan bantahan terhadap laporan yang dirilis oleh New York Times, menyebut bahwa co-founder dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, memerintahkan eksekutif perusahaannya untuk hanya menggunakan perangkat Android.
 
Laporan ini menyebut bahwa Zuckerberg tengah membalas dendam kepada Apple terkait dengan komentar sang CEO, Tim Cook, pada insiden Cambridge Analytica.
 
Melalui situs Facebook Newsroom, Facebook mengunggah pernyataan, mengakui bahwa eksekutif dan pegawai perusahaan jejaring sosial ini didorong untuk menggunakan perangkat bersistem operasi Android dan bukan iOS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Facebook menyebut bahwa alasan di balik dorongan ini tidak berkaitan dengan komentar Cook. Facebook menyebut pada posisi Android sebagai sistem operasi terpopuler di dunia saat ini menjadi alasan dibalik dorongannya tersebut.
 
“Tim Cook secara konsisten mengkritisi model bisnis kita dan Mark telah memahami dengan jelas ketidaksetujuannya. Jadi tidak perlu lagi menggunakan perangkat dengan sistem operasi ini. Dan kami telah lama mendorong pegawai dan eksekutif untuk menggunakan Android, karena merupakan sistem operasi terpopuler di dunia," kata Facebook.
 
Sebagai pengingat, insiden ini menyebabkan informasi personal sebanyak 87 juta pengguna Facebook bocor dan digunakan tanpa izin.
 
Saat pemberitaan kebocoran data pengguna Facebook ini beredar di media massa, Cook dimintai tanggapan terkait langkah yang akan dilakukannya jika dirinya merupakan Mark Zuckerberg.
 
Cook menanggapi permintaan ini dengan menyebut bahwa dirinya tidak akan pernah berada dalam posisi yang dialami Zuckerberg. Cook menyebut bahwa Apple mungkin saja dapat memperoleh banyak keuntungan jika menjadikan konsumennya sebagai produk.
 
Pernyataan Cook ini mengindikasikan bahwa Facebook menjual informasi penggunanya kepada pengiklan dan pihak lain. Komentar ini diperkirakan memicu kemarahan Mark Zuckerberg.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif