Google menggulirkan fitur filter spam otomatis untuk aplikasi Android Messages.
Google menggulirkan fitur filter spam otomatis untuk aplikasi Android Messages.

Android Messages Kedatangan Fitur Anti-Spam

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 04 Januari 2019 10:21
Jakarta: Google dilaporkan mulai menggulirkan fitur perlindungan otomatis baru untuk aplikasi Android Messages. Fitur ini bertugas menganalisis pesan masuk untuk mendeteksi dan menyaring spam.
 
Fitur ini digulirkan melalui update dari server, dan pengguna penerima update akan diberitahukan terkait kehadiran fitur via notifikasi pop-up di aplikasi Android Messages. Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur yang secara default aktif setelah terpasang ini.
 
Pengguna dapat menonaktifkan fitur ini dengan mengetuk ikon tiga titik pada aplikasi Messages, dan kemudian pilih tab Advanced. Pada tab tersebut, pengguna akan menemukan tuas Spam Protection.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, mengetahui kekhawatiran masyarakat terkait dengan pengumpulan dan penggunaan data dari fitur ini, Google menyebut akan menyimpan nomor ponsel dari pengirim dan penerima pesan sementara waktu, dan frekuensi pengiriman pesan dengan pengguna.
 
Hal tersebut dilakukan Google untuk membantu mengidentifikasi pelaku spam. Namun, Google menyebut tidak akan menyimpan nomor ponsel pengguna atau konten dari pesan tersebut.
 
Menariknya, Google juga menjelaskan bahwa jika pengguna memilih untuk melaporkan pesan spam, maka konten pesan akan dikirimkan kepada Google.
 
Jika saat ini belum tersedia informasi terkait dengan cara kerja filter spam otomatis baru Google ini, mengingat meningkatnya jumlah pesan teks spam, fitur ini dinilai sejumlah pihak akan berguna bagi masyarakat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif