Ilustrasi.
Ilustrasi.

XL Axiata Catat Pertumbuhan Double Digit di Q1 2023, Hasil FMC

Cahyandaru Kuncorojati • 31 Juli 2023 09:48
Jakarta: Operator seluler XL Axiata mengklaim telah meraih pertumbuhan yang membanggakan di semester pertama tahun 2023. Kinerja keuangan perseroan tumbuh double digit di tengah kompetisi dan dinamika industri.
 
Mereka menyebutkan bahwa di periode tersebut XL Axiata memperkuat strategi konvergensi dengan mendorong bisnis fixed mobile convergence (FMC) di semua area, termasuk pada produk, infrastruktur jaringan dan IT, hingga manajemen.
 
XL Axiata berhasil meraih total pendapatan sebesar Rp15,78 triliun, tumbuh sebesar 12% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu (YoY). Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp14,41 trilun, atau sekitar 91% dari total pendapatan.

Pada pengembangan layanan FMC, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini menambahkan, XL Axiata terus memperkuat fondasi sebagai perusahaan penyedia layanan konvergensi terdepan di Indonesia. 
 
BACA JUGA: XL Axiata dan Link Net Kolaborasi Bangun Jaringan 1 Juta Home Passed
 
Kolaborasi yang semakin erat antara XL Axiata dengan Link Net diharapkan akan mampu meningkatkan penetrasi layanan konvergensi di Indonesia. Mereka menargetkan dalam lima tahun ke depan, kedua pihak akan memperluas cakupan layanan hingga 8 juta home pass. 
 
Pada akhir Juni 2023 ini, tingkat penetrasi layanan FMC XL Axiata telah mencapai 56%, dengan pelanggan XL Home telah beralih menjadi pelanggan XL SATU, yang berarti menunjukkan kuatnya permintaan atas produk konvergensi ini. Saat ini, XL Axiata juga telah memiliki jangkauan XL Home & XL SATU fiber di 63 kota/kabupaten.
 
XL Axiata dan Link Net telah menandatangani kesepakatan kerja sama pembangunan dan pengoperasian jaringan 1 juta homes passed yang pertama dengan menjangkau sejumlah kota/kabupaten di Indonesia.
 
Bukan hanya pada produk yang sudah convergence, namun juga pada sisi organisasi, jaringan, IT, hingga distribusi. Jadi hingga saat ini, XL Axiata masih yang terdepan untuk layanan FMC. 
 
XL Axiata menutup semester pertama 2023 dengan total pelanggan sebanyak 58 juta, dengan pencapaian blended ARPU (average revenue per user) yang juga meningkat dari Rp 38 ribu di periode yang sama tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp 41 ribu.
 
Selain itu, strategi transformasi digital yang dijalankan XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan melalui aplikasi MyXL dan AXISNet terus menunjukkan efektivitasnya. 
 
BACA JUGA: Fixed Mobile Convergence Bakal Jadi Model Bisnis Masa Depan Operator
 
Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang sangat kuat hingga enam bulan pertama 2023. Tercatat lebih dari 27 juta pelanggan yang aktif menggunakan MyXL dan AXISNet, dengan pertumbuhan Monthly Active User (MAU) telah mencapai 77% sejak Desember 2021.
 
Komitmen XL Axiata memperkuat jaringan jelas tercermin dari pengalokasian belanja modal (Capex) sebesar Rp 8 triliun, yang mayoritas untuk mendukung kebutuhan ekspansi jaringan.
 
Di akhir Juni 2023, total jumlah BTS XL Axiata mencapai 150.261 BTS (2G & 4G), dengan jumlah BTS 4G sebanyak 97.125 ribu unit. Jumlah BTS 4G ini tumbuhan 9,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 59% (fiberized).
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan