Foto: WhatsApp
Foto: WhatsApp

Meta Conversations 2023

Bicara Masa Depan WhatsApp Business dan AI Generatif

Alfa Mandalika • 26 September 2023 11:37
Mumbai: WhatsApp memperkenalkan fitur Flows pada acara Conversations global pada 20 September di Mumbai, India. Nantinya, Flows akan mempermudah para pengguna WhatsApp untuk urusan berbisnis.
 
Vice President of Product Management for Business Messaging Meta Nikila Srinivasan mengungkapkan bahwa Flows sangat relevan dengan bisnis. Oleh karena itu, dia merasa kehadiran Flows akan berdampak positif, khususnya di Indonesia.
 
"Saya pikir kalian mungkin mendengar beberapa konteks dalam cara kita berpikir tentang pesan bisnis secara keseluruhan. Hari ini, saya akan menetapkan beberapa tahapan peluncuran spesifik yang kami lakukan."

"Mengapa saya sangat bersemangat? Karena menurut saya ini sangat relevan untuk bisnis. Jadi, menurut saya secara keseluruhan ini bukanlah berita baru lagi bagi kalian. Hal ini karena negara kalian memahami kekuatan platform chatting atau berpesanan, seperti Whatsapp," ujar Nikla yang ditemui Medcom.id di JIO World Centre, Mumbai, India.
 
"Hal itulah yang mendorong banyak hal yang ingin kami lakukan dengan perpesanan bisnis ke depan, yaitu sebagian besar dunia kini mulai beralih ke dunia perpesanan bisnis. Hal ini adalah wajar karena banyak orang yang menggunakan aplikasi perpersanan kami.  Aplikasi seperti Whatsapp sendiri, memiliki dua miliar orang yang menggunakannya. Ini adalah hal yang luar bias jika kalian memikirkannya," sambungya.
 
Nikila menambahkan, pengguna WhatsApp yang membicarakan bisnis sangat besar. Di Indonesia, Nikila bilang ada sekitar 87 persen pengguna WhatsApp yang membicarakan bisnis.
 
"Secara global, lebih dari 70 persen orang lebih suka menggunakan aplikasi berbasis messaging (pesan) sebagai cara untuk berkomunikasi bisnis dibandingkan menggunakan saluran lainnya. Adapun yang lebih menarik yaitu di Indonesia terdapat sebanyak 87 persen orang yang lebih suka menggunakan aplikasi berbasis messaging. Bagi mereka lebih mudah untuk menggunakan aplikasi berbasis messaging bila ingin berkomunikasi bisnis. Jadi, di sini kita melihat bahwa adanya permintaan dan preferensi dari masyarakat serta daya tarik bisnis. Jadi, ketika kita bicara soal business messaging, spesifiknya WhatsApp, apa yang ingin kita lakukan ialah membuat aplikasi tersebut menjadi semakin mudah. Baik itu untuk pelaku bisnis maupun orang-orang lainnya untuk berkoneksi satu dengan lainnya," tutur Nikila.
 
"Melalui aplikasi tersebut, kita ingin memudahkan masyarakat baik itu dalam membayar tagihan listrik, membeli tiket pesawat, ataupun dalam mendapatkan tiket masuk pesawat. Tak hanya itu, mereka bahkan juga bisa membeli pakaian secara online melalui aplikasi messaging. Sementara itu, bagi pelaku bisnis, apa yang mau kami lakukan ialah memudahkan mereka untuk menggunakan aplikasi business messaging sebagai platform untuk meningkatkan audiens dan menjangkau orang semakin banyak. Dengan begitu, akan menghasilkan hasil obrolan yang berharga, baik untuk konsumen maupun pelaku bisnis," tuturnya.
 
Dalam kesempatan tersebut Nikila juga menjawab beberapa pertanyaan dari Medcom.id. berikut kutipan wawancaranya:
 
Selama dua tahun terakhir, tampaknya Whatsapp fokus pada pengembangan bisnis messenger. Bisakah Anda berbagi sedikit tentang pencapaian bisnis Whatsapp?
Menurut saya ada dua daya tarik yang berhasil kami bangun dengan WhatsApp. Pertama adalah fakta bahwa kami mengumumkan pada Juli sebanyak 200 juta usaha kecil besar, sebagian besar dari mereka adalah usaha kecil.
 
Namun, 200 juta bisnis menggunakan platform bisnis WhatsApp untuk berkembang menjadi perpesanan bisnis. Ini adalah kelompok yang kuat dan mereka ingin menunjukkan bahwa mereka berbisnis di Whatsapp. Itu adalah sesautu yang ingin kami terus kembangkan. 
 
Kedua adalah kami memiliki lini bisnis iklan klik untuk mengirim pesan. Itu termasuk klik WhatsApp, yaitu iklan yang dapat dijalankan juga oleh bisnis platform Facebook dan Instagram yang juga menampilkan klik ke WhatsApp atau klik untuk mengirimkan pesan. Setelah itu, konsumen dapat mengkliknya untuk kemudian memulai percakapan dengan bisnis tersebut.
 
Bisnis tersebut telah berkembang dengan sangat baik dalam metode tersebut. Format iklan membuat pertumbuhan bisnis menjadi cepat dan saat ini rata-ratanya adalah 10 dolar Miliar. Mark (Zuckenberg) juga mengumumkan bahwa itu termasuk dalam pendapatan. Jadi, itulah dua hal yang menurut saya merupakan bukti nyata bisnis yang juga menunjukkan sejauh mana perkembangan WhatsApp. Namun, yang jelas, saya juga menyadari bahwa masih banyak yang harus dilakukan agar dapat melayani bisnis ini dengan cara yang lebih menarik. 
 
Apa pendapat anda tentang kemunculan AI generatif? Bagaimana WhatsAppp menerapkannya dalam bisnis ini?
Saya sangat optimisti tentang hal ini karena ketika Anda bersemangat tentang itu Anda benar-benar berpikir kekuatan yang dibawa oleh AI generatif. Dengan adanya AI, skala teknologi tersebut membawa banyak hal ke dalam skala yang besar. 
 
Minggu depan, Anda harus mengetahui bahwa Mark (Zuckenberg) akan membagikan beberapa hal menarik yang sedang kami lakukan mengenai hal itu. Namun yang dapat saya sampaikan kepada Anda juga adalah beberapa kasus penggunaan yang membuat saya sangat tertarik dengan layanan pelanggannya.
 
Sesuatu seperti AI generatif benar-benar dapat memberikan banyak kemajuan dan inovasi untuk menjadikannya terasa lebih lancar. Jadi, kami secara aktif memikirkanbagaimana kami mewujudkannya menjadi penguasaan bisnis.
 
Sebenarnya, Mark sering berbicara tentang bagaimana pesan bisnis adalah salah satu cara paling menarik untuk menghadirkan AI ke dunia. Jadi, anda harus mendengar pada minggu depan tentang peluncuran yang akan kami lakukan.
 
Apa saja tantangan dalam mempromosikan bisnis WhatsApp kepada masyarakat?
Saya pikir hal utama yang ingin kami lakukan untuk bisnis kami adalah memberikan mereka akses ke semua alat kami secepat mungkin dan cara yang sebanyak mungkin. Jadi, Anda melihat beberapa peluncuran yang kami umumkan hari ini berhasil, bagaimana kami bisa melakukannya.
 
Menurut saya, tantangannya sama besarnya dengan peluang besar dan apa yang ingin kami terus lakukan dengan lebih cepat dan lebih banyak lagi adalah ‘bagaimana kami menghadirkan fungsionalitas yang lebih kaya dan lebih banyak ke semua aplikasi bisnis yang kami punya dengan akses ke aplikasi Small Business dan API’.
 
Jadi, yang lebih penting adalah bagaimana kami terus menghadirkan lebih banyak fitur dalam lebih banyak fungsi dan peluang apa yang kami miliki dengan hal tersebut dan mampu menyeimbangkannya. Saya rasa kesederhanaan itulah yang membuat WhatsApp begitu hebat dengan menghadirkan semua fitur ini ke bisnis dan pelanggan kami.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan