Ilustrasi: Forbes
Ilustrasi: Forbes

Facebook Kenalkan Grup untuk Pengasuhan Anak

Teknologi media sosial teknologi facebook
Lufthi Anggraeni • 19 Juni 2020 09:14
Jakarta: Setiap orang tua memaknai Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ditetapkan setiap tanggal 29 Juni dengan cara yang berbeda-beda.
 
Ada yang memaknainya sebagai momen untuk mempererat kebersamaan keluarga, ada juga yang menjadikannya sebagai pengingat untuk tetap semangat membangun keluarga yang kuat, terlebih dalam masa-masa transisi menuju new normal.
 
Melihat kondisi saat ini, sebagian orang tua juga merasa kewalahan lantaran masih harus melakukan penyesuaian dalam mengasuh anak selagi bekerja dari rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak lebih dari 9 juta orang di Indonesia diklaim merupakan bagian dari grup Facebook yang berkaitan dengan pengasuhan anak.
 
Dalam upaya mendukung para komunitas ini, Facebook meluncurkan jenis grup terbaru, yakni pengasuhan anak (parenting), guna memudahkan setiap orang tua dalam menemukan komunitas yang tepat dengan membuatnya menjadi lebih aman dan mudah saat berinteraksi.
 
Jika admin memilih jenis grup pengasuhan anak, mereka akan mendapatkan akses ke tiga fitur unik yang telah disesuaikan untuk pengalaman pengasuhan anak.
 
Melalui fitur-fitur ini, orang tua dapat merasa lebih nyaman ketika bercerita mengenai perjalanan pribadi mereka, dapat dengan mudah menemukan konten-konten yang penting bagi mereka, saling meminta dan berbagi saran dengan anggota grup lainnya.
 
Agar anggota grup pengasuhan anak di Facebook dapat membuat unggahan sensitif tanpa mengungkap identitas mereka, Facebook menyebut menyertakan fitur Postingan Anonim ke dalam grup tersebut.
 
Misalnya, jika Anda ingin berbagi atau menerima masukan terkait masalah keuangan atau kasus kehilangan anak, memposting secara anonim dapat memudahkan Anda untuk membuka diskusi tersebut.
 
Facebook mengaku menambahkan lencana baru di grup pengasuhan anak, sehingga anggota grup dapat memilih untuk mengidentifikasi diri mereka di antara anggota lainnya dalam hal tahap mengasuh anak seperti apa yang tengah mereka jalani.
 
Jika ingin menemukan orang yang sedang mengalami situasi yang sama, lencana membuatnya menjadi lebih mudah untuk mencari orang-orang tersebut dengan cepat dan terhubung. Contoh lencana termasuk “Orang Tua Baru” dan “Calon Orang Tua” untuk membantu orang tua terhubung lebih dekat dengan mereka yang berada dalam situasi serupa.
 
Facebook mengklaim memperluas fitur Mentorship ke semua grup pengasuhan anak yang memilih jenis grup ini. Admin grup pengasuhan anak kini dapat memilih dan menciptakan program mentoring online, membiarkan para anggota untuk mencari dan menjadi mentor.
 
Anggota dapat berpasangan satu sama lain untuk menawarkan bimbingan selama berlangsungnya beberapa momen terbesar dalam kehidupan seperti menantikan kelahiran sang buah hati atau mengubah jalan karir.
 

(MMI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif