Facebook Shops.
Facebook Shops.

Bantu UKM Berbisnis Online, Facebook Perkenalkan Fitur Shops

Teknologi media sosial teknologi facebook
Cahyandaru Kuncorojati • 03 September 2020 09:06
Jakarta: Facebook Indonesia memperkenalkan fitur terbaru bernama Shops yang hadir di aplikasi media sosial Facebook dan Instagram. Fitur ini diperkenalkan sebagai peluang untuk UKM mengembangkan bisnisnya dengan platform digital di masa pandemi.
 
Facebook Shops tampil sebagai toko online bagi UKM. Namun di sini pihak Facebook akan terlebih dahulu melakukan verifikasi kepada bisnis yang ingin mendapatkan akses atau dukungan layanan Facebook Shops.
 
"Komunitas yang berada di atas Facebook dan Instagram terhubung sangat erat dengan aktivitas jual-beli dan mereka ingin aktivitas ini terus digerakkan oleh interaksi yang terjadi di atas platform," ujar Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami terinspirasi dengan hal tersebut sehingga kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dari interaksi yang telah berjalan serta terus memberdayakan UKM untuk berkembang dan bertumbuh," jelasnya.
 
Di Facebook Shops konsumen dapat melihat seluruh produk yang ditawarkan pemilik bisnis dan menandai gambar dari produk yang disukai. Konsumen juga dpaat menghubungi pemilik bisnis tersebut melalui Direct Message, WhatsApp, atau Messenger untuk berkomunikasi.
 
Menariknya, penjual atau bisnis yang menggunakan layanan Facebook Shops juga mendapat data riset atau insights mengenai konsumen yang melihat produknya atau melakukan transaksi. Pengalaman ini dibgaikan oleh General Manager Mukena Tazbiya, Addiniya Nurfarojandari.
 
"Gak hanya keuntungan bisnis dan perluasan pasar, penjualan secara online juga membantu Mukena Tazbiya mendapatkan data-data seperti rentang usia konsumen, domisili, produk apa saja yang sedang tren, dan produk apa yang dibeli," jelasnya. Hal ini membantu pebisnis menyusun strategi produk dan pemasarannya.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif