Dell mengaku sistemnya pernah diretas.
Dell mengaku sistemnya pernah diretas.

Sistem Dell Diretas, Data Pelanggan Mungkin Tercuri

Teknologi dell cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 30 November 2018 11:33
Jakarta:Dell mengumumkan bahwa sistem mereka sempat diretas pada 9 November.
 
Mereka mengatakan, mereka mendeteksi adanya penyusup yang berusaha untuk mengambil informasi pelanggan Dell dari sistem mereka. Data yang berusaha dicuri antara lain nama, alamat email, dan password yang terenkripsi.
 
Perusahaan asal Amerika Serikat itu tidak menjelaskan tingkat komplesitas algoritma hashing dari password. Namun, sebagian dari algoritma itu bisa dipecahkan dalam hitungan detik. Dengan begitu, penyerang akan bisa melihat password dari pelanggan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang mungkin bahwa sebagian dari informasi ini telah diambil dari sistem Dell, tapi dari penyelidikan, kami tidak menemukan bukti pasti bahwa ada informasi yang tercuri," kata Dell, seperti yang dikutip dari ZDNet.
 
Dell mengatakan, mereka tengah menyelidiki kejadian ini. Namun, mereka mengatakan bahwa serangan ini tidak parah. Teknisi perusahaan menyadari akan adanya penyelundup pada hari yang sama dia masuk ke sistem.
 
Juru bicara Dell menolak untuk memberitahu jumlah pelanggan yang terdampak serangan ini. Dia mengatakan, "Tidak baik untuk menyebutkan jumlah angka pelanggan yang mungkin terpengaruh ketika mungkin saja tidak ada pelanggan yang terdampak."
 
Dell juga menyebutkan, sang hacker tidak menargetkan kartu pembayaran atau informasi sensitif pelanggan yang lain.
 
Serangan ini juga tidak menyebabkan gangguan pada layanan Dell. Dell lalu mengubah password untuk semua akun pelanggan Dell.com setelah mereka menyadari adanya serangan ini.
 
Perusahaan mengatakan bahwa mereka telah memberitahukan hal ini pada pihak berwajib. Meskipun begitu, mereka juga mempekerjakan perusahaan forensik digital untuk melakukan penyelidikan mandiri.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif